Halaman

Jumat, 08 Juli 2016

CONTOH PROGRAM REMIDIAL



Sekolah                                 :     SMP Negeri  ............
Kelas / Semester                   :     VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                      :     Matematika
Ulangan Harian  ke                :     2
Tanggal Ulangan Harian         :     1 Maret 2011
Bentuk Soal UH                    :     Uraian
Materi UH  (KD/Indikator)       :    4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.  Menghitung keliling lingkaran
2.  Menghitung luas lingkaran.
3.  Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Rencana Ulangan Rem         :     8 Maret 2011
KKM                                 :     70

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes  Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1.
Aco
65
2, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1, 2, 3, 4
85
Tuntas
2.
Besse
68
3
Diberikan Tugas khusus
3, 4
98
Tuntas
3.
Dst…………






Sengkang,                    2011
Guru Mata Pelajaran

Saidah
NIP.
Keterangan :
·         Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
        Misalnya     :    Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
                               Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
·         Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).

Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.       Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.      Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
      Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
      a.  Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
      b.  Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
       c.  Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
 a.      Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
 b.     Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
v        Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
v       Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.

Senin, 04 Juli 2016

Reciprocal Teaching Technique Skripsi

CHAPTER I
INTRODUCTION

A.    Background of the Study
In English teaching learning, there are four skills that should be mastered, they are listening, speaking, reading, and writing. Reading is a multidimensional process that involves the eyes, the ears, the mouth, and most importantly, the brain (Bressel, 2008:15).
Reading comprehension is usually taught in schools in one of two ways. One method is to have students read a text, and then read comments or answer questions about the text. The comments and questions can range over a variety of topics, from what particular words mean to the main point of the whole text. The other common method for teaching reading comprehension is the reading group. In a reading group, students take turns reading aloud. The teacher usually helps out when the student has difficulties, and sometimes comments or asks a question about the text. This method goes some way toward teaching the process of reading comprehension, but typically the teacher deals only with low-level difficulties (word and parsing difficulties) and asks questions only about interpretations.