Halaman

Senin, 14 Desember 2009

100 PERMAINAN UNTUK TRAINING-bag6

41.       Boneka

 

Garis besar

Latihan ini merupakan latihan untuk mengurangi ketegangan.

Tujuan
1.       Mengurangi ketegangan peserta.


Waktu yang dibutuhkan
5 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Katakan kepada anggota kelompok bahwa mereka akan berperan sebagai marionnet (boneka yang digerakkan dengan tali kecil). Para peserta harus duduk di kursi mereka dan melakukan gerakan sederhana seperti menyilangkan kaki atau seperti menyilangkan kaki atau berdiri. Anda mendemonstrasikan gerakan yang sederhana.
2.       Setelah itu beri mereka gerakan yang lebih rumit untuk dilakukan. Bisa meliputi gerakan seperti sedang mengendarai ruangan, menari berpasangan, dan lain-lain.

Poin diskusi
1.       Inikah yang terkadang orang rasakan selama bekerja?

Variasi
1.       Mintalah peserta menunjukkan gerakan rahasia yang harus ditebak oleh peserta lainnya.
2.       Gunakan konsep latihan ini dengan permainan tebak gerak.

Sumber
Diambil dari ‘Pulling Strings’, Nancy Loving Tubesing dan Donald A. Tubesing, Latihan Terstruktur untuk Manajemen Stress, Vol. 1 Whole Person Press, Duluth MN, 1983.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


42.       Dilarang Tertawa

Garis besar
Latihan ini dirancang untuk menyegarkan suasana.

Tujuan
1.       Membuat peserta tertawa.

Waktu yang dibutuhkan
5 menit.

Jumlah peserta
Maksimal 16 orang.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Mintalah anggota kelompok membentuk lingkaran, boleh duduk atau berdiri.
2.       Berikan instruksi bahwa salah satu dari mereka harus mengucapkan sebuah kata kepada peserta lain yang berada di sebelah kanannya.
3.       Peserta yang menerima kata tersebut harus mengulanginya dua kali kepada peserta yang berada di sebelah kanannya.
4.       Peserta yang menerima kata tersebut harus mengatakannya tiga kali kepada peserta yang berada di sebelah kanannya, begitu seterusnya.
5.       Setelah instruksi diberikan, peserta pertama diminta mengucapkan kata ‘HA’ untuk memulai latihan. Mintalah peserta melakukan ini secara serius dan tidak boleh tertawa.

Poin diskusi
1.       Mengapa setiap orang tertawa?
2.       Kira-kira apa yang akan terjadi jika kita menggunakan kata lain yang lebih ‘menakutkan’?

Variasi
1.       Gantikan kata ‘HA’ dengan kata lain yang lebih lucu.
2.       Anda dapat membentuk sebuah rantai, dimana awalnya adalah peserta yang mengatakan ‘HA’ dan kata tersebut harus kembali kepadanya.

Sumber
Diambil dari ‘Ha’, Sue Forbess-Greene, Ensiklopedia Icebreaker, University Associates, California, 1983.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


43.       Menyusun halaman koran

Garis besar

Latihan singkat ini merupakan latihan kompetisi untuk tim.

Tujuan
1.       Membuat anggota tim berinteraksi satu sama lain.
2.       Mengidentifikasi pemimpin peserta.

Waktu yang dibutuhkan
10-20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi menjadi beberapa subkelompok yangterdiri dari 6-8 peserta.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah koran atau majalah (dengan jumlah halaman yang sama) untuk masing-masing kelompok dan hadiah bagi tim pemenang.

Prosedur
1.       Buat subkelompok yang terdiri dari 6-8 peserta.
2.       Berikan koran atau majalah kepada masing-masing subkelompok (dengan staples dilepas) yang halamannya diacak.
3.       Tugas tim adalah menyusun seluruh halaman dalam urutan yang benar. Tim pertama yang selesai adalah pemenangnya.

Poin diskusi
1.       Apakah ada seorang pemimpin yang muncul dalam masing-masing tim?
2.       Apakah pemimpin tersebut dipilih atau mengambil alih perannya sendiri?
3.       Efektifkah kepemimpinnya?
4.       Bagaimana pemimpin tersebut menjalankan perannya?
5.       Bagaimana tanggapan peserta lainnya tentang peran si pemimpin?

Variasi
1.       Anda bisa menggunting nomor halaman. Jika hal ini Anda lakukan, berikan waktu lebih kepada para peserta.
2.       Anda bisa menggunakan dokumen organisasi sebagai pengganti koran.

Sumber
Diambil dari ‘Newspaper Shuffle’, Sue Forbess-Greene, Ensiklopedia Icebreakers, University Associates, California, 1983.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


44.       Pembersihan

Garis besar
Ini merupakan permainan gerak cepat yang akan menyebabkan peserta tertawa.

Tujuan
1.       Membangun semangat tim.
2.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menggunakan kemampuan memecahkan masalah.
3.       Memperlancar peredaran darah setelah melewati suatu sesi yang panjang.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Maksimal 24 orang.

Materi yag dibutuhkan
Kertas flipchart dalam jumlah yang cukup.

Prosedur
1.       Mintalah peserta untuk membentuk beberapa tim yang masing-masing terdiri dari 6-8 peserta. Semua tim harus memiliki jumlah peserta yang sama. Jika ada peserta yang berlebih, maka Anda harus menominasikan adanya wasit sebelum memulai permainan. Mintalah anggota tim untuk melepaskan sepatu mereka sebelum memulai latihan ini.
2.       Berikan masing-masing tim sejumlah lembaran kertas flipchart. Banyaknya lembaran tersebut harus separuh dari banyaknya anggota tim.
3.       Tentukan garis start di ujung ruang pelatihan. Letakkan sebuah kursi untuk masing-masing tim di ujung ruang yang satunya.
4.       Sekarang katakan kepada tim bahwa mereka akan dilibatkan dalam sebuah balapan. Mereka harus memulainya dari garis start dengan meletakkan selembar kertas flipchart di atas lantai dan salah satu anggota tim harus berdiri di atasnya. Peserta tersebut kemudian meletakkan lembaran flipchart yang lain di depannya kemudian berpindah ke atas kertas tersebut. Anggota tim yang kedua kemudian harus berdiri di atas kertas flipchart yang pertama dan seterusnya. Para peserta akan segera melihat bahwa mereka harus berbagi tempat di atas sebuah lembaran kertas yang sama.
5.       Tim yang pertama memutari kursinya dan kembali ke garis start dinyatakan sebagai pememangnya. Jika ada anggota tim yang berjalan di atas lantai, dan bukan di atas kertas, maka timnya harus kembali ke awal dan memulainya lagi.

Poin diskusi
1.       Apakah tim pemenang menunjukkan perilaku sebuah tim?
2.       Mengapa tim yang lain tidak dapat melakukan hal yang sama seperti tim pemenang?

Variasi
1.       Dapat digunakan kertas yang lebih kecil.
2.       Dapat dibuat sirkuit yang lebih besar.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


45.       Apa yang Anda Lihat?

 

Garis besar

Latihan ini menunjukkan bagaimana orang memandang sesuatu secara berbeda.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk melihat bahwa setiap orang tidak memandang sesuatu dengan cara yang sama.

Waktu yang dibutuhkan
5 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah transparansi OHP yang memuat gambar ‘Wabita Tua/Wanita Muda’.

Prosedur
1.       Tunjukkan transparansi dan mintalah peserta untuk melihat gambar tersebut selama beberapa detik. Katakan bahwa mereka sedang melihat sebuah gambar seorang wanita tua atau wanita muda.
2.       Mintalah mereka mengangkat tangan jika mereka hanya dapat melihat si wanita tua. Selanjutnya peserta yang hanya dapat melihat wanita muda diminta mengangkat tangannya. Akhirnya mintalah kepada peserta yang dapat melihat kedanya untuk mengangkat tangan.
3.       Sekarang tunjukkan kepada para peserta mana wanita tua dan mana wanita muda. Atau Anda dapat meminta salah seorang peserta untuk menunjukkannya kepada peserta lainnya.

Poin diskusi
1.       Mengapa kita memandang sesuatu secara berbeda?
2.       Mengapa beberapa orang tidak dapat melihat kedua wanita tersebut? Bahkan setelah ditunjukkan yang mana mereka?
3.       Bagaimana kita dapat memperbaiki kemampuan persepsi kita?

Variasi
1.       Materi dapat dibagikan jika transparansi OHP tidak tersedia.

Sumber
Diambil dari ‘Old Woman/Young Woman’, John W. Newstorm dan Edward E. Scannell, Games Trainers Play, McGraw-Hill, Inc., New York, 1980 dan Edwin G. Boring, ‘A New Ambiguous Figure’, Jurnal Psikologi Amerika, Juli 1930, p. 444. (Aslinya digambar oleh kartunis W. E. Hill, dipublikasikan di Puck, 6 November 1915).
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


46.       Senyum

Garis besar
Papan nama dan peraturan permainan dapat digunakan untuksesi pelatihan manapun.

Tujuan
1.       Membiarkan para peserta mengetahui peraturan dasar Anda.

Waktu yang dibutuhkan
2-5 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Papan nama untuk masing-masing peserta dan sebuah spidol.

Prosedur
1.       Bagikan papan nama kepada para peserta. Juga berikan sebuah spidol kepada seorang peserta.
2.       Mintalah peserta untuk melipat papan nama tersebut dan menuliskan nama mereka di atasnya, dan meletakkan papan nama tersebut di atas meja mereka dengan namanya menghadap ke arah Anda, kemudian memberikan spidol kepada rekannya yang lain.
3.       Lalu mintalah seseorang membacakan peraturan keras-keras untuk Anda.

Poin diskusi
1.       Tanyakan jika ada peserta yang memiliki pertanyaan sehubungan dengan poin yang ditunjukkan.
2.       Anda juga dapat menanyakan jika ada peraturan lain yang ingin peserta masukkan di dalam program ini.

Variasi
1.       Jika ada latihan perkenalan yang ingin dilakukan, papan nama dapat digunakan untuk diacak atau Anda dapat memasangkan para peserta secara acak.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
SENYUM
Pelatihan ini untuk Anda.
Inilah beberapa tips untuk memastikan
kesuksesan pelatihan.

Berpartisipasi dalam diskusi
Dengarkan sudut pandang orang lain
Katakan apa yang Anda pikirkan
Jaga agar diskusi tetap sesuai subjek
Bersabarlah terhadap anggota lain
Coba untuk menghubungkan pengalaman Anda
Ajukan pertanyaan, anggota kelompok lainnya juga ingin tahu


47.       Anggaran Stress

Garis besar
Ini adalah latihan sederhana untuk memperlihatkan kepada peserta berapa alokasi sumber daya mereka untuk suatu masalah.

Tujuan
1.       Membuat peserta sadar tentang sumber daya yang mereka gunakan untuk masalah.
2.       Membuat peserta me-realokasikan sumber daya mereka pada rasio yang lebih baik.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta

Tidak dibatasi.


Materi yang dibutuhkan
Selembar dollar kembalian.

Prosedur
1.       Katakan kepada anggota kelompok bahwa mereka akan dapat menganggarkan sumber daya untuk melawan masalah mereka. Sebelum memulai, mereka harus mengidentifikasi masalah utama maupun sepele yang mereka hadapi di kehidupan sehari-hari.
2.       Setelah masing-masing peserta telah memiliki suatu daftar masalah yang telah diidentifikasi, berikan selembar dollar kembalian kepada masing-masing peserta.
3.       Sekarang katakan kepada mereka, bahwa mereka harus mengalokasikan sejumlah uang terhadap masalah yang telah mereka identifikasi. Jumlah tersebut menunjukkan jumlah waktu yang mereka habiskan setiap hari untuk masalah tersebut.
4.       Setelah selesai, mintalah mereka untuk mencatat nilai yangmereka berikan untuk masing-masing masalah.
5.       Langkah selanjutnya adalah mereka harus mengalokasikan apa yang menurut mereka merupakan investasi waktu dan sumber daya mereka yang lebih logis untuk masing-masing masalah.
6.       Mereka harus mencatat jumlah yang baru dan membandingkannya dengan umlah awal. Realokasi sumber daya ini perlu didiskusikan dan para peserta harus mencatat bahwa mereka akan buat perubahan di akhir pelatihan ini.

Poin diskusi
1.       Seberapa banyak perbedaan kedua jumlah tersebut?
2.       Adakah peserta yang tidak terkejut dengan perbedaan tersebut?
3.       Dapatkah tipe latihan ini digunakan secara teratur sekembalinya ke tempat kerja?

Variasi
1.       Latihan ini dapat dilakukan dalam kelompok kecil dengan para pesertanya mendiskusikan alokasi sumber daya satu sama lain.
2.       Masing-masing peserta juga dapat diminta untuk melaporkan kembali kepada seluruh peserta.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


48.       Negosiasi

Garis besar

Latihan ini akan melibatkan peserta dalam berbagai metode negosiasi.

Tujuan
1.       Mengenalkan topik negosiasi.
2.       Memulai pemanasan bagi peserta.
3.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mencoba kemampuan negosiasi terkini mereka.

Waktu yang dibutuhkan
10 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah koin dollar untuk setiap pasang peserta.

Prosedur
1.       Mintalah anggota kelompok untuk berpasang-pasangan, lebih baik dengan seseorang yang tidak mereka kenal.
2.       Berikan sebuah koin dollar di tengah-tengah mereka.
3.       Katakan bahwa mereka memiliki tepat 5 menit untuk memutuskan siapa di antara mereka yang akan memperoleh koin tersebut. Satu-satunya peraturan adalah mereka tidak diperbolehkan melakukan kontak fisik (kekerasan) selama periode diskusi. Jika mereka tidak dapat memutuskan siapa yang akan mengambil koin tersebut, maka koin tersebut harus dikembalikan pada Anda.
4.       Setelah waktu habis Anda dapat memimpin sebuah diskusi tentang negosiasi dantekhnik pengambilan keputusan.

Poin diskusi
1.       Jenis tekhnik apa yang digunakan oleh kelompok?
2.       Apakah seluruh negosiasi jujur?
3.       Bagaimana perasaan peserta tentang batasan waktu yang dikenakan?

Variasi
1.       Gunakan nilai koin yang berbeda.
2.       Gunakan beberapa benda lain yang perlu dipersiapkan oleh individu untuk bernegosiasi.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


49.       Ketakutan Terbesar Kita

Garis besar

Icebreaker ini akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyadari bahwa mereka bukan satu-satunya orang yang memiliki rasa takut berbicara di depan umum.

Tujuan

1.       Merupakan pemanasan bagi peserta untuk masuk ke dalam topik diskusi.
2.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyadari bahwa mereka bukan satu-satunya orang yang memiliki rasa takut berbicara di depan umum.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
Maksimal 24 orang.

Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas dan pulpen untuk masing-masing subkelompok, dan transparansi OHP tentang ‘Sepuluh Ketakutan Terbesar Manusia’.

Prosedur
1.       Mintalah kepada para peserta untuk membuat subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta dan berikan selembar kertas dan pulpen untuk masing-masing subkelompok.
2.       Mintalah subkelompok menggunakan imajinasi mereka dan membuat daftar apa yang mereka anggap sebagai 10 ketakutan terbesar yang diidentifikasi oleh masyarakat umum dalam survei yang dilakukan secara acak. Subkelompok diberikan waktu 10 menit untuk membuat daftar mereka.
3.       Setelah setiap subkelompok membuat daftar, mintalah mereka merepresentasikannya. Anda dapat menuliskannya di whiteboard.
4.       Setelah seluruh tanggapan diperoleh, gunakan transparansi OHP untuk memperlihatkan daftar yang dibuat oleh David Wallechinsky. Item ini sebaiknya dipelrihatkan satu persatu mulai dari bawah ke atas.
5.       Sebagai kesimpulannya, tekankan kepada para peserta bahwa bukan hanya mereka sendiri yang memiliki rasa takut sehubungan dengan pelatihan yang harus mereka jalani.

Poin diskusi
1.       Subkelompok mana yang paling sesuai dengan daftar David W.?
2.       Apakah ada yang sudah menduga hasil ini?
3.       Akankah ada perbedaan hasil di negara yang berbeda?

Variasi
1.       Latihan ini dapat dilakukan secara individu.
2.       Latihan ini dapat dilakukan dalam sebuah kelompok besar dimana fasilitator meminta tanggapan dari peserta.

Sumber
Diambil dari ‘Sepuluh Ketakutan Terbesar Manusia (di AS)’, John W. Newstrom dan Edward E. Scannell, Games Trainersn Play, Mc-Graw-Hill, Inc., New York, 1980, dan David Wallechinsky dan rekan, The Book of Lists, Wm Morrow & Co., Inc., New York, 1987.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
Sepuluh Ketakutan Terbesar
Manusia (di AS)

1.       Berbicara pertama kali dalam kelompok.
2.       Ketinggian
3.       Serangga dan kutu busuk
4.       Masalah keuangan
5.       Kedalaman air
6.       Penyakit
7.       Kematian
8.       Terbang
9.       Kesepian
10.   Anjing 
50.       Terdampar

Garis besar
Latihan ini merupakan icebreaker untuk membuat peserta mengidentifikasi karakter atau tokoh favorit yang mereka inginkan untuk bersama-sama mereka.

Tujuan
1.       Meinta peserta memilih orang yang mereka sukai.
2.       Membuat peserta lebih sadar akan persepsi satu sama lain.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Tdak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Mintalah peserta untuk membayangkan bahwa mereka baru saja terdampar di sebuah padang pasir.
2.       Sekarang berikan selembar kertas dan pulpen untuk masing-masing peserta.
3.       Katakan kepada mereka bahwa ini merupakan pulau aneh, yang di dalamnya mereka dapat memilih 6 orang terkenal untuk menemani mereka. Mereka memiliki waktu 5 menit untuk memilih keenam orang tersebut dan menuliskan namanya di atas kertas.
4.       Setelah selesai, secara bergiliran masing-masing anggota kelompok harus memberitahukan kepada anggota lainnya tentang pilihan mereka dan alasan mengapa mereka memilih orangtersebut.

Poin diskusi
1.       Adakah yang menemui kesulitan untuk mencoba mengurangi daftar mereka menjadi 6 saja?
2.       Adakah yang menemui kesulitan dalam menemukan keenam orang tersebut?
3.       Sekarang setelah mereka mendengar pilihan peserta lain. Adakah yang ingin mengubah daftarnya?

Variasi
1.       Tokoh terkenal dapat diganti dengan orang-orang televisi.
2.       Tokoh terkenal dapat diganti dengan orang-orang dalam organisasi Anda.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar