Halaman

Senin, 21 Desember 2009

100 PERMAINAN UNTUK TRAINING-bag7

51.       Tiga Tanda

Garis besar
Latihan ini merupakan icebreaker atau pembangkit semangat yang dapat digunakan kapan saja selama program berlangsung.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menunjukkan perasaan mereka tentang masalah tertentu.
2.       Membuat peserta bergerak.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Maksimal 24 orang.

Materi yang dibutuhkan
Satu set tanda-tanda yang terdiri dari satu tanda ‘Sangat Setuju’, satu tanda ‘Ragu-ragu’ dan satu tanda ‘Sangat Tidak Setuju’.

Prosedur
1.       Letakkan tanda-tanda tersebut sepanjang salah satu dinding ruang pelatihan, dimana ‘Sangat Setuju’ dan ‘Sangat Tidak Setuju’ terletak di kedua ujung yang berlainan dan ‘Ragu-ragu’ terletak di tengah-tengahnya.
2.       Sekarang instruksikan kepada para peserta bahwa setelah mendengar suatu pernyataan masing-masing individu harus berdiri di depan tanda yang menunjukkan perasaan atau pendapat mereka tentang pernyataan itu.
3.       Sekarang bacalah suatu pernyataan dari daftar pernyataan kontriversial atau isu terkini yang telah dipersiapkan.

Poin diskusi
1.       Bagaimana perasaan setiap orang pada saat mereka harus menentukan pendapatnya?
2.       Apakah tiap orang menyadari bahwa secara tidak sadar mereka tidak membiarkan dirinya untuk memiliki pendapat yang berlawanan dengan orang banyak pada saat orang lain melihatnya?

Variasi
1.       Para peserta diberi kesempatan untuk mengatakan apa sebabnya mereka memilih jawaban tertentu.
2.       Pernyataan dapat berhubungan dengan organisasi jika semua peserta berasal dari kelompok kerja yang sama.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


52.       Bola Balon

Garis besar

Latihan ini dirancang untuk membuat peserta bergerak dan bekerja sebagai suatu tim.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk bekerja sebagai suatu tim.
2.       Membuat peserta bergerak.
3.       Untuk berpartisipasi dalam sejumlah proses pengambilan keputusan.
4.       Untuk melihat sejauh mana rasa persaingan para peserta.


Waktu yang dibutuhkan
15-30 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Sebungkus balon tiup.

Prosedur
1.       Beritahukan peserta bahwa mereka akan berpartisipasi dalam sebuah permainan baru bernama ‘Bola Balon’. Tujuan permainan ini adalah mencetak gol sebanya-banyaknya dalam waktu yang telah ditentukan. Peserta dibagi menjadi 2 tim kecil. Kedua tim harus memutuskan apa yang dimaksud dengan gol (bisa dengan memantulkan balon ke dinding). Gol dihitung dengan menumbuk dinding yang telah ditentukan dengan balon. Mereka juga harus meniup beberapa balon. Karena balon cenderung mudah pecah, maka mungkin diperlukan lebih dari satu balon.
2.       Setelah peserta dibagi menjadi 2 tim yang lebih kecil, mereka harus memutuskan arah mana yang mereka pilih. Setelah keputusan dibuat anggota tim harus memposisikan diri mereka secara terpencar mengelilingi ruangan. Setelah berdiri pada suatu posisi, mereka tidak diperbolehkan berpindah hingga akhir latihan.
3.       Katakan kepada peserta untuk memulai permainan. Skor pertandingan dihitung oleh para peserta. Sebagai penutup latihan ini harus berupa diskusi.
Catatan: Instruksi sebenarnya adalah meminta peserta untuk mencetak gol sebanyak mungkin. Apakah kedua tim saling bersaing satu sama lain, ataukah mereka bekerja sama? Jika mereka bekerja sama maka skor akan lebih tinggi karena mereka tidak bersaing satu sama lain. Kebanyakan orang cenderung untuk memandang bahwa mereka bersaing dalam segala hal.

Poin diskusi
1.       Apakah kerjasama tim dimanfaatkan secara efekif? Mengapa?
2.       Bagaimana skor akhirnya?
3.       Apakah skor tersebut merupakan skor yang dapat diterima? (Lihat catatan di prosedur).

Variasi
1.       Bola jenis lain dapat dipakai untuk efek yang berbeda.
2.       Lebih dari satu balon dapat digunakan pada saat yang bersamaan.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


53.       Kura-kura, Kelinci atau Kuda

Garis besar

Latihan ini dapat digunakan untuk perkenalan. Juga dpat dimodifikasi untuk disesuaikan ke dalam tahaplain selama pelatihan.

Tujuan
1.       Untuk saling mengenal satu sama lain.
2.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menamai langkah kemajuan mereka.

Waktu yang dibutuhkan
10 menit.

Jumlah peserta
Maksimal 16 orang.

Materi yang dibutuhkan
3 tanda bertulskan ‘Kura-kura’, ‘Kelinci’ dan ‘Kuda’.

Prosedur
1.       Mulailah sesi dengan mengecek sepintas apakah ada yang ingat tentang kisah kelinci dan kura-kura.
2.       Perkenalkan latihan sebagai icebreaker. Katakan kepada peserta untuk mendengarkan secara cermat deskripsi dari kura-kura, kelinci dan kuda. Kemudian bacalah deskripsi tersebut.
3.       Tempelkan 3 tanda di dinding dan mintalah peserta untuk melangkah ke tanda yang paling sesuai dengan deskripsi diri mereka.
4.       Setelah semua peserta memilih lokasinya, mintalah mereka untuk memperkenalkan dir kepada peserta dan mengatakan mengapa mereka memilih deskripsi tersebut untuk diri mereka.

Poin diskusi
1.       Apakah seseorang akan selalu memilih kategori yang sama atau mereka merubahnya bila bersama orang atau situasi yang berbeda?

Variasi
1.       Peserta dapat diminta untuk membuat daftar hal-hal baik dan tidak baik dari masing-masing kategori. Masing-masing peserta selama perkenalan dapat diminta untuk menambahkan hal-hal pada flipchart.

Sumber
Diambil dari ‘Tortoise, Hare or Thoroughbred’, Nancy Loving Tubesing dan Donald A. Tubesing, Latihan Terstruktur untuk Manajemen Stress’, Vol. 2, Whole Person Press, Duluth MN, 1983.
 _______________________________________________________________________
Deskripsi

Kura-kura
Senang melangkah lambat dan stabil.
Tidak terburu-buru.
Menemukan kekuatan dengan menarik kepalanya.
Memiliki kulit pelindung yang kuat.
Tidak mau mengmbil resiko apapun.
Lebih menyukai kehidupan yang stabil tanpa krisis.
Menentukan langkah mereka sendiri, melakukan segalanya secara berurutan.

Kelinci
Bergerak dan berhenti dengan cepat.
Bekerja lebih baik jika berada di bawah tekanan.
Menemukan kekuatan dalam eksplorasi dan tantangan.
Rapuh, cekatan dan beruntung.
Menyukai resiko dan petualangan.
Melompat dari satu krisis ke krisis lain, mudah bingung.
Selalu mempunyai banyak persoalan.

Kuda
Penuh perhitungan dan anggun dalam melangkah.
Mem-variasikan langkah sesuai dengan situasi.
Kekuatan berasal dari kondisi puncak.
Selalu bisa mengontrol diri.
Berkembang melalui kompetisi dan tantangan.
Memiliki tujuan yang jelas dan seribu cara untuk mencapainya.
Selalu memiliki sesuatu untuk diulurkan.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


54.       Sejauh Mana Kita Saling Mengenal?

Garis besar

Latihan ini dapat digunakan di awal hari pelatihan pada suatu program berdurasi lebih lama.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada para peserta untuk saling berbicara dan mencari tahu apa yang terjadi satu sama lain sejak pertemuan terakhir.
2.       Membuat peserta berpartisipasi dalam latihan membangun kerjasama tim.
3.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk saling mengenal lebih baik satu sama lain.

Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit, tergantung banyaknya peserta.

Jumlah peserta
Maksimal 18 orang.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Mintalah anggota kelompok berpasang-pasangan. Katakan kepada mereka agar saling berbincang dengan pasangannya dan mencati tahu hal penting apa yang terjadi sejak mereka terakhir kali bertemu. Berikan waktu 10 menit untuk melakukan hal ini.
2.       Setelah selesai berdiskusi, mintalah setiap orang di dalam kelompok membentuk sebuah lingkaran sambil duduk di kursinya masing-masing.
3.       Sekarang mintalah anggota kelompok untuk saling berbagi tentang hal-hal yang telah terjadi pada mereka. Masing-masing orang harus berbicara tentang pasangannya, bukan diri sendiri. Mintalah seorang sukarelawan untuk memulai dan akhiri dengan diri Anda, sebagai fasilitator.

Poin diskusi
1.       Adakah yang merasa ketakutan dengan latihan ini? Mengapa?
2.       Apakah para peserta kini merasa seperti sebuah tim? Mengapa? Mengapa tidak?
3.       Apakah anggota tim seharusnya mengemukakan pemikiran semacam ini? Mengapa? Mengapa tidak?

Variasi
1.       Anda bisa menjadi pembicara pertama.
2.       Nama dapat diundi untuk menentukan urutan.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


55.       Mengatasi Rasa Takut

Garis besar

Latihan ini memberikan ide kepada para peserta tentang bagaimana cara mengontrol keberanian mereka. Dapat digunakan bersamaan dengan latihan 49, ‘Ketakutan Terbesar Manusia’.

Tujuan
1.       Membuat peserta dapat melakukan berbagai cara relaksasi.
2.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk melihat bagaimana orang lain mengontrol rasa takut mereka ketika berbicara di depan umum.

Waktu yang dibutuhkan
10 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah fotocopy ‘Mengatasi Rasa Gugup’ untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Katakan kepada peserta bahwa semua pembicara di muka umum memiliki rasa takut dan mengalami kegugupan.
2.       Mintalah saran anggota kelompok untuk mengontrol keberanian. Buat daftar ide-ide tersebut di whiteboard dan diskusikan atau jelaskan daftar itu.
3.       Bacalah seluruh poin yang ada dalam fotocopy. Diskusikan dan jelaskan bila perlu.
4.       Setelah semua poin telah ter-cover, bagikan fotocopy kepada masing-masing peserta.

Poin diskusi
1.       Adakah yang pernah mencoba metode ini?

Variasi
1.       Mintalah peserta untuk mempersiapkan daftar secara individu.
2.       Bagilah peserta menjadi tim yang terdiri dari 5-7 orang dan biarkan mereka merancang daftar mereka sendir untuk didiskusikan. Setelah semua tim merepresentasikan daftar mereka, lakukan poin no.3 (pada prosedur).

Sumber
Diambil dari ‘Difficult Situation and Nerves’, Training Dasar untuk Trainer, McGraw-Hill Book Company Australia, Sydney, 1990.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
Mengatasi Rasa Takut
1.       Tentang dan relaks. Mereka ingin mendengarkan anda.
2.       Tarik nafas dalam-dalam ketika anda berjalan menuju podium.
3.       Ingat-ingat urutan presentasi anda.
4.       Yakinlah bahwa anda dapat memenuhi kewajiban anda.
5.       Datang lebih awal agar bisa bersiap-siao.
6.       Berpakaian dan terlihat seperti seorang profesional.
7.       Coba untuk mengantisipasi pertanyaan.
8.       Periksa semua perlengkapan pendukung anda sebelumnya.
9.       Ciptakan kondisi fisik yang membuat anda nyaman.
10.   Gunakan catatan sesi yang telah dipersiapkan.
11.   Bangun kredibilitas di awal presentasi anda.
12.   Berikan outline dan topik kepada para pendengar anda.
13.   Motivasi peserta agar mau mendengarkan anda.
14.   Gunakan asah otak sebagai pembuka.
15.   Sebelum hari H, praktekkan sesi anda.
16.   Gunakan ketegangan anda untuk menambah nilai penampilan.
17.   Bergerak mengelilingi ruangan (jangan hanya diam di tempat).
18.   Buat suara anda ramah sebelum memulai presentasi.
19.   Lakukan eye contact dengan seluruh pendengar anda.
20.   Anda harus merasa nyaman dengan keadaan sumber daya anda.
21.   Praktekkan peralatan pelatihan anda.
22.   Lakukan riset dan pahami topik anda.
23.   Gunakan latihan isometrik yang tidak menonjolkan diri anda.
24.   Hadiri presentasi sejenis atau kursus public speaking.
25.   Ingat batas kemampuan pendengar anda untuk memperhatikan.
26.   Gunakan seluruh prinsip pembelajaran orang dewasa.
27.   Cari tahu sebelumnya siapa peserta anda.
28.   Akui kesalahan anda, tapi hanya jika anda melakukannya.
29.   Selalu terlihat antusias.
30.   Gunakan video atau tape recorder untuk mengevaluasi penampilan anda.
31.   Kembangkan gaya presentasi anda sendiri.
32.   Mintalah feedback dari pendengar anda.
33.   Jangan membaca teks.
34.   Jangan tidur terlalu larut sehari sebelum presentasi.


56.       Tes Ingatan

Garis besar
Latihan ini menunjukkan bagaimana menggunakan salah satu bentuk memory jogger (semacam latihan untuk melatih daya ingat).

Tujuan
1.       Menunjukkan kepada peserta bahwa memory jogger dapat melatih daya ingat.
2.       Bertindak sebagai penghilang ketegangan di awal pelatihan.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas, pulpen dan fotocopy ‘Peta Pikiran’ untuk masing-masing peserta dan sebuah flipchart.

Prosedur
1.       Tanyakan kepada anggota kelompok apakah mereka tahu metode untuk meningkatkan kemampuan daya ingat. Boleh diikuti dengan diskusi singkat.
2.       Mintalah para peserta untuk memikirkan hal-hal yang mereka ingin ingat, misalnya daftar belanja. Mintalah seorang sukarelawan untuk maju ke depan dan menulis barang-barang yang telah mereka pilih pada flipchart. Mereka harus menentukan 12 jenis barang.
3.       Robeklah kertas flipchart dan lipat. Sekarang lanjutkan sesi seperti biasa.
4.       Setelah beberapa jam, berikan pulpen dan selembar kertas kepada masing-masing peserta dan mintalah mereka menuliskan keduabelas barang tersebut dalam urutan yang benar, tanpa bantuan anggota kelompok yang lain. Berikan waktu beberapa menit untuk kegiatan ini.
5.       Cari siapa yang memiliki urutan yang benar untuk seluruh barang. Sangat tidak mungkin ada peserta yang mampu melakukan hal tersebut. Sekarang kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada mereka kekuatan memori Anda. Mintalah mereka untuk menyebutkan angka 1 sampai 12 secara acak. Pada saat sebuah angka disebutkan, Anda harus menulisnya pada flipchart (dalam urutan yang benar) dan tulislah nama barang sebenarnya yang telah dituliskan di samping angka tersebut. Setelah keduabelas barang telah dituliskan pada flipchart, bandingkan dengan daftar aslinya dan diskusikan hasilnya.
6.       Setelah diskusi, katakan kepada peserta bagaimana Anda melakukannya dan berikan fotocopy ‘Peta Pikiran’.
 
Poin diskusi
1.       Seberapa sesuai hal ini dengan kebutuhan manusia?
2.       Adakah peserta yang mengetahui metode yang lain?

Sumber
Peter Gross, Kingsford, NSW.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
Peta Pikiran

Anda harus bisa mengingat kata kunci berikut sebelum menggunakan metode ini. Untuk mengingat 12 barang apa saja dalam urutan yang benar, Anda harus mengikuti instruksi berikut ini. Setiap satu barang disebutkan kepada Anda, sangatlah penting untuk membayangkan kata kunci dari angka yang sesuai berikut instruksinya.

Kata kunci
1.       Bun (roti manis)
2.       Glue (lem)
3.       Key (kunci)
4.       Store (toko)
5.       Drive (mengemudi)
6.       Mix (mengaduk)
7.       Heaven (surga)
8.       Ape (simpanse)
9.       Dine (makan malam)
10.   Pen (pulpen)
11.   Devon
12.   Shelves (rak)

1.       BUN (ROTI MANIS)
Bayangkan hamburger favorit anda…benda yang akan anda ingat berada di dalamnya…anda menggigit perlahan-lahan benda tersebut.

2.       GLUE (LEM)
Bayangkan sebotol lem…anda membayangkan diri anda sedang melapisi benda tersebut dengan lem, anda mengolesi terlalu banyak lem sehingga tangan anda menempel di benda dan anda tidak dapat melepaskannya.

3.       KEY (KUNCI)
Bayangkan anda membuka pintu sebuah lemari dengan sebuah kunci dan objek tersebut berjatuhan keluar, semakin banyak, dan anda tidak dapat menghentikannya, benda tersebut berserakan di sekeliling anda.

4.       STORE (TOKO)
Anda berada di pojok favorit sebuah toko dan semua rak dipenuhi dengan benda yang dimaksud…anda memenuhi trolley dengan benda tersebut hingga berjatuhan ke lantai…anda memungutinya tapi benda itu tetap berhamburan.

5.       DRIVE (MENGEMUDI)
Anda sedang menuruni jalan ketika benda tersebut (dalam ukuran raksasa) muncul…anda menginjak ram namun masih menabrak benda dan menghantamnya hingga berkeping-keping…beberapa kepingan menghantam kaca mobil anda dan mengenai muka anda.

6.       MIX (MENGADUK)
Anda sedang mengaduk benda tersebut (banyak) dalam sebuah mangkuk…anda terus mengaduk cepat dan lebih cepat hingga benda meluap…anda melihat diri anda memungut dan mengembalikannya ke dalam mangkuk…namun benda itu tetap meluap.

7.       HEAVEN (SURGA)
Anda melihat eskalator di depan anda hingga ke surga dengan St. Peter di atasnya memanggil anda untuk naik…anda mencoba naik tetapi terhalang oleh ratusan benda yang berjatuhan…anda melihat diri anda terpeleset lalu jatuh…anda tidak bisa menahannya.

8.       APE (SIMPANSE)
Anda berada di kebun binatang sedang melihat seekor simpanse dari balik terali…lantai kandang simpanse penuh dengan benda tersebut…anda menertawakan simpanse dan simpanse marah lalu mulai melempari anda dengan benda…satu dari benda tersebut melewati terali dan mengenai anda.

9.       DINE (MAKAN MALAM)
Anda sedang duduk di sebuah restoran favorit anda di depan anda ada sebuah piring kosong…tiba-tiba benda tersebut muncul di atas piring anda…anda mencoba untuk memotongnya dengan pisau dan garpu.

10.   PEN (PULPEN)
Bayangkan benda tersebut…anda mengambil sebuah pulpen besar dengan tinta merah di dalamnya…anda harus melihat diri anda sendiri menuliskan nama benda pada benda tersebut dengan tinta merah yang berasal dari pulpen itu.

11.   DEVON
Bayangkan suatu devon yang besar…anda membelahnya menjadi dua dan benda tersebut berada di dalamnya.

12.   SHELVES (RAK)
Anda memasuki gudang di rumah anda…ada banyak rak di dalamnya…rak itu dipenuhi dengan benda tersebut…benda mulai berjatuhan dari rak yang terletak di atas anda.

Tips ekstra
·         Anda harus menggambarkan setiap langkah dalam pikiran anda sebelum melangkah lebih lanjut.
·         Warna dapat membantu ingatan lebih baik.
·         Melebih-lebihkan itu baik. Benda yang besar bisa menjadi kecil atau benda yang kecil bisa menjadi besar.


57.       Apa yang Anda Katakan?

Garis besar

Ini merupakan latihan dimana para peserta harus mengatasi masalah bahasa.

Tujuan
1.       Menyelidiki masalah bahasa yang berhubungan dengan komunikasi.
2.       Membiarkan peserta merasa frustasi sehubungan dengan kendala bahasa.

Waktu yang dibutuhkan
90-120 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi menjadi beberapa subkelompok yangterdiri dari 5 7 peserta.

Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas, pulpen dan penutup mata untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Informasikan pada peserta bahwa mereka akan berpartisipasi dalam sebuah latihan komunikasi.
2.       Sekarang katakan kepada subkelompok bahwa masing-masing mereka harus menciptakan sebuah bahasa baru. Bahasa baru tersebut paling tidak harus memiliki: perkenalan, deskripsi benda di dalam ruangan, perintah positif, perintah negatif, dan salam perpisahan. Berikan waktu 30 menit kepada subkelompok untuk merancang dan mempelajari bahasa baru mereka.
3.       Setelah 30 menit mintalah anggota subkelompok berpasangan dengan seseorang dari subkelompok lain. Setelah pasangan dibentuk katakan bahwa mereka memiliki waktu 15 menit untuk saling mengajarkan bahasa mereka. Juga katakan bahwa mereka hanya boleh menggunakan bahasa baru mereka dan tidak boleh berbicara dalam dialek lain.
4.       Sebagai penutup tahap ini mintalah seluruh peserta untuk memakai penutup mata. Katakan bahwa mereka sekarang harus kembali membentuk subkelompoknya. Selama tahap ini, sekali lagi, mereka hanya boleh menggunakan bahasa yang baru mereka ciptakan.

Poin diskusi
1.       Bagaimana perasaan para peserta selama latihan berlangsung?
2.       Apa poin utama dari latihan tersebut tentang komunikasi?
3.       Sebaik apa mereka mempelajari bahasa peserta lain?

Variasi
1.       Untuk pengelompokan akhir, para peserta dapat diminta untuk membentuk subkelompoknya hanya dengan menggunakan bahasa yang diajarkan kepada mereka dalam poin nomor 3 (di prosedur).

Sumber
Diambil dari ‘Babel: Interpersonal Communication’, J. William Pfeiffer dan John E. Jones, Sebuah Pedoman Pengalaman Terstruktur untuk Pelatihan Hubungan Manusia, Vol. 5, University Associates, California, 1975.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


58.       Ruang 703

Garis besar

Ini merupakan latihan memecahkan masalah yang berorientasi pada kerja tim.

Tujuan
1.       Melihat strategi peserta dalam memecahkan masalah.
2.       Melihat bagaimana efek kompetisi pada proses pemecahan masalah.
3.       Melihat bagaimana anggota kelompok menyampaikan informasi.

Waktu yang dibutuhkan
45-60 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas dan pulpen untuk masing-masing peserta dan satu set ‘Kartu Informasi’ yang telah dipersiapkan untuk masing-masing tim.

Prosedur
1.       Bagi peserta menjadi beberapa tim yang terdiri dari 6 orang. Peserta yang tidak memiliki kelompok dapat dijadikan pengamat.
2.       Berikan satu ‘Kartu Informasi Ruang 703’ kepada masing-masing anggota dari setiap tim dan berikan 2 menit untuk membaca serta mempelajari informasi tersebut. Perhatikan bahwa masing-masing kartu ditandai dengan banyaknya titik setelah kalimat pertama.
3.       Setelah 2 menit, katakan kepada seluruh tim untuk mulai bekerja. Mereka memiliki waktu 20 menit untuk tahap ini.
4.       Setelah semua anggota tim telah mencapai kesepakatan jawaban, pimpinlah diskusi tentang bagaimana tugas dicapai dan tekhnik apa yang digunakan dalam memecahkan masalah.
Catatan: Keenam kartu tersebut merupakan satu set yang lengkap untuk masing-masing tim. Setiap kartu ditandai dengan banyaknya titik setelah kalimat pertama. Ini memudahkan Anda untuk memastikan bahwa Anda memberikan instruksi yang lengkap untuk masing-masing tim.

Poin diskusi
1.       Apa jawaban yang benar?
2.       Peran apa yang dilakukan oleh anggota tim?

Variasi
1.       Masalah dapat dibuat lebih sulit dengan menyertakan informasi lain yang tidak relevan.

Solusi
Ruang
Periode



1
2
3
4

700
Ms
Jones
Mr
Lee
Ms
Martin
Mr
Jacobs

701
Mr
Jacobs
Ms
Martin
Mr
Jacobs
Mr
Lee

702
Ms
Martin
Ms
Jones
Mr
Jacobs
Mr
Lee

703
MR
LEE
MR
JACOBS
MS
JONES
MS
MARTIN

 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
Kartu Informasi Ruang 703

Anda boleh memberitahukan kelompok anda apa yang tertulis di kartu ini, tapi anda apa yang tertulis di kartu ini, tapi jangan berikan kartu ini kepada anggota lain untuk dibaca…
Informasi
·         Di ruang 701 ada Mr Lee yang mengajar selama periode ketiga.
·         Ms Jones dan Ms Carr tidak saling cocok, jadi mereka tidak bekerja sama.
·         Selama periode pertama, pimpinan tim, yang disukai Harry, mengajar di ruang 702.

Anda boleh memberitahukan kelompok anda apa yang tertulis di kartu ini, tapi jangan berikan kartu ini kepada anggota lain untuk dibaca…
Informasi
·         Semua guru mengajar pada waktu yang bersamaan dan saling bertukar kelompok di akhir masing-masing periode.
·         Masing-masing guru menyukai kelompok yang berbeda. Selama periode kedua, masing-masing guru mengajar kelompok yang paling mereka sukai.
·         Masing-masing guru mengajar tiap kelompok selama satu dari empat periode hati itu.

Anda boleh memberitahukan kelompok anda apa yangtertulis dikartu ini, tapi jangan berikan kartu ini kepada anggota lain untuk dibaca…
Informasi
·         Sekolah tersebut memiliki dua guru bantu, empat guru, dan empat kelompok siswa.
·         Ms Martin adalah pimpinan tim unit bahasa Inggris.
·         Mr Lee senang bekerja dengan kelompok siswa di ruang 700.
·         Ms Jones mengajar ruang 701 selama periode keempat tetapi sangat menyukai ruang 702.

Anda boleh memberitahukan kelompok anda apa yang tertulis di kartu ini, tapi jangan berikan kartu ini kepada anggota lain untuk dibaca…
Informasi
·         Anggota kelompok anda memiliki seluruh informasi yang dibutuhkan untuk menemukan jawaban pertanyaan berikut. Bagaimanakah urutan para guru (namanya) di ruang 703 selama empat periode pertama?
·         Hanya satu jawaban benar dan anda dapat membuktikannya.
·         Anda harus menemukan jawaban kelompok tidak lebih dari 20 menit.

Anda boleh memberitahukan kelompok anda apa yang tertulis di kartu ini, tapi jangan berikan kartu ini kepada anggota lain untuk dibaca…
Informasi
·         Ms Carr dan Mr Jacobs tidak sepakat tentang bagaimana cara terbaik menangani kelompok siswa di ruang 702, dimana di dalamnya ada cerita bahwa mereka mempermalukan guru pengganti.
·         Pimpinan tim telah berada di sekolah ini selama lima tahun.
·         Ms Carr telah berada di sekolah ini lebih lama dari siapapun.

Anda boleh memberitahukan kelompok anda apa yang tertulis di kartu ini, tapi jangan berikan kartu ini kepada anggota lain untuk dibaca…
·         Pimpinan tim mengajar di ruang 701 selama periode kedua.
·         Harry bekerja dengan ruang 702 selama periode kedua.
·         Ms Martin merupakan pengajar baru di sekolah ini.


59.       Daftar Nama

Garis besar

Ini merupakan latihan yang dapat digunakan dengan kelompok yang bertambah banyak. Latihan ini berpotensi untuk membiarkan peserta melihat bagaimana anggota kelompok lain memandang mereka.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk melihat bagaimana anggota kelompok yang lain memandang mereka.

Waktu yang dibutuhkan
Tergantung penerapan.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan

Sebuah daftar nama peserta, gunting menjadi bagian-bagian kecil.


Prosedur
1.       Informasikan anggota kelompok bahwa mereka akan terlibat dalam peran kebalikan. Mereka akan diberikan nama peserta lain kemudian mereka harus berakting sesuai dengan persepsi mereka tentang orang tersebut.
2.       Bagikan amplop dengan daftar nama di dalamnya sehingga peserta dapat memilih sebuah nama secara acak dan menyimpannya. Selama hari pelatihan mereka harus memerankan seseorang. Hal ini dapat dilakukan pada waktu tertentu atau kapan saja. Katakan kepada peserta bahwa hal ini dimaksudkan untuk sekedar bersenang-senang dan mereka tidak boleh menjelekkan karakteristik orang lain.
Catatan: Sangatlah penting bahwa latihan ini dibahas secara menyeluruh untuk menghilangkan perasaan negatif.

Poin diskusi
1.       Apakah setiap orang dapat menunjukkan siapa yang sedang diperankan? Mengapa?
2.       Adakah persepsi yang keliru?
3.       Apa yang dapat kita lakukan terhadap perlakuan buruk atau perlakuan yang tidak diharapkan?
4.       Adakah yang ingin berkomentar tentang penampilan orang yang berperan?

Variasi
1.       Potongan kertas berisikan nama dapat dipilih untuk satu hari kegiatan dan peserta diberitahukan bahwa besok mereka harus memerankan seseorang selama satu hari penuh.
2.       Anda boleh memilih siapa yang harus memerankan siapa.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


60.   Melipat Kertas

Garis besar

Latihan ini menunjukkan kepada peserta bahwa petunjuk di-interpretasikan secara berbeda oleh orang yang berbeda pula.

Tujuan
1.       Membuat peserta melihat bahwa instruksi/petunjuk di-interpretasikan dengan cara yang berbeda.
2.       Membuat peserta berpikir tentang cara mereka memperbaiki kemampuan berkomunikasi.

Waktu yang dibutuhkan
10 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas A4 untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Berikan selembar kertas A4 kepada masing-masing peserta. Kemudian suruh mereka menutup mata dan mengikuti instruksi Anda. Katakan bahwa mereka tidak boleh bertanya selama instruksi diberikan.
2.       Berikan petunjuk berikut ini. Pertama-tama, lipat kertas menjadi dua bagian sama besar. Kemudian lipat lagi. Lalu lipat sekali lagi. Robek bagian ujung kanan. Balikkan kertas dan robek bagian ujung kiri.
3.       Sekarang mintalah peserta membuka mata mereka dan membuka lipatan kertas tersebut. Maka akan terlihat jelas bahwa para peserta tidak memiliki hasil akhir yang sama.
4.       Pimpinlah sebuah diskusi tentang bagaimana cara memperbaiki kemampuan berkomunikasi.

Poin diskusi
1.       Mengapa tidak semua orang memiliki hasil akhir yang sama?
2.       Apakah instruksi itu dapat diikuti dengan mudah? Mengapa? Mengapa tidak?
3.       Mengapa kita perlu memperbaiki kemampuan berkomunikasi?
4.       Bagaimana memperbaiki instruksi tersebut?

Variasi
1.       Anda dapat memberikan petunjuk untuk melipat dan merobek yang lebih banyak.
2.       Mintalah seorang peserta untuk memberikan instruksi.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar