Halaman

Senin, 30 November 2009

100 PERMAINAN UNTUK TRAINING-bag5

31.       Mengeja Kata I

Garis besar

Latihan singkat ini menguji kemampuan mengeja.

 

Tujuan
1.       Menguji kecakapan mengeja.
2.       Membangkitkan semangat peserta.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Flipchart atau transparansi OHP yang berisi kata-kata dan sebuah pulpen serta selembar kertas untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Katakan kepada peserta bahwa mereka akan melakukan tes mengeja kata selama 5 menit.
2.       Katakan bahwa Anda akan memberikan sebuah daftar yang berisi 20 kata dan separuh dari kata tersebut penulisannya salah. Juga beritahukan mereka bahwa daftar ini dibuat setelah menguji 87.000 murid sekolah berumur 13-18 tahun.
3.       Mintalah mereka mengidentifikasi 10 kata yang penulisannya salah dan tuliskan ejaan yang seharusnya.
4.       Tunjukkan daftar tersebut selama 5 menit dan diskusikan setelah selesai.

Poin diskusi
1.       Adakah yang merasa bahwa ia memiliki 10 jawaban yang benar?
2.       Mengapa kata-kata ini terkadang sulit untuk dieja?

Variasi
1.       Anda bisa membagi peserta menjadi beberapa tim untuk mendiskusikan masing-masing kata dan mengidentifikasikan kata yang penulisannya salah. Tim tersebut harus sepakat tentang ejaan yang seharusnya. Masing-masing tim kemudian melaporkan penemuan mereka kepada seluruh anggota kelompok.

Sumber
Diambil dari ‘Spelling Bee That Really Stings’, Keganjilan Kata, Gambar dan Angka, Reader’s Diggest Service Pty Limited, Sydney, 1975.

Solusi

Separate (c)                       = memisahkan

Ceiling (c)                            = atap
Schedule (c)                       = jadwal
Parliament                          = parlemen
Weird                                    = aneh
Possess (c)                          = memiliki
Until                                      = hingga
Address                               = alamat
Accommodate                  = akomodasi
Besiege (c)                          = mengepung
Acquire (c)                          = memperoleh
Restaurant                          = restoran
Receive                                = menerima
All right                 = baiklah
Correspondence (c)        = korespondensi
Development                    = pembangunan
Bicycle                  = sepeda
Misspelled                          = salah eja
Embarrassed (c)               = malu

(c) mengindikasikan bahwa kata tersebut penulisannya tepat.
 _______________________________________________________________________

Catatan trainer


Speiling Bee___________________________________

Separate                      Until                                     Alright
Ceiling                           Adress                 Correspondence
Schedule                     Accommodate  Development
Parlament   Besiege                                Bicycle
Weird                            Acquire                                Mispelled
Possess                        Resteraunt                         Embarrassed                        
Truly                              Receive


32.       Mengeja Kata II

Garis besar

Latihan singkat ini menguji kemampuan mengeja.

Tujuan
1.       Menguji kecakapan peserta dalam mengeja.
2.       Membangkitkan semangat peserta.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Flipchart atau tranparansi OHP yang berisi kata-kata dan sebuah pulpen serta selembar kertas untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Katakan kepada peserta bahwa mereka akan melakukan tes mengeja kata selama 10 menit.
2.       Katakan bahwa Anda akan meberikan sebuah daftar yang berisi 40 kata dan separuh dari kata tersebut penulisannya salah. Juga beritahukan mereka bahwa daftar ini dikumpulkan dari kata-kata yang membingungkan para guru dan penulis.
3.       Mintalah mereka mengidentifikasi 20 kata yang penulisannya salah dan tuliskan ejaan yang seharusnya.
4.       Tunjukkan daftar tersebut selama 10 menit dan diskusikan setelah selesai.

Poin diskusi
1.       adakah yang merasa bahwa ia memiliki 20 jawaban yang benar?
2.       Mengapa kata-kata ini terkadang sulit untuk dieja?

Variasi
1.       Anda bisa membagi peserta menjadi beberapa tim untuk mendiskusikan masing-masing kata dan mengidentifikasikan kata yang penulisannya salah. Tim tersebut harus sepakat tentang ejaan yang seharusnya. Masing-masing tim kemudian melaporkan penemuan mereka kepada seluruh anggota kelompok.

Sumber
Diambil dari ‘Spelling Bee That Really Stings’, Keganjilan Kata, Gambar dan Angka, Reader’s Diggets Services Pty Limited, Sidney, 1985.

Solusi

Accelerator (c)  = akselerator

Allotted (c)                         = dialokasikan
Assassin                               = pembunuh
Category (c)                       = kategori
Connoisseur                       = ahli
Demagogue (c) = provokator
Desiccate                             = mengeringkan
Dilapidated (c)   = bobrok
Discriminate                       = membedakan
Dishevelled                        = lusuh
Dissipate                              = mengusir
Effervescent (c)                = berbuih
Fuselage (c)                        = rangka pesawat
Immaculate                        = tanpa cacat
Innocuous (c)                    = tidak merugikan
Liquefy                 = mencairkan
Millionaire (c)    = milyuner
Miscellaneous                   = lain-lain
Paraffin (c)                          = parafin
Paralysis (c)                        = kelumpuhan
Pedagogue (c)                   = pendidik
Penitentiary                       = penjara
Perspiration (c) = pernafasan
Phlegm                 = dahak
Picnicking                            = piknik
Prairie (c)                             = padang rumput
Prescription                        = resep
Propeller                             = baling-baling
Raspberry                           = sejenis buah
Rhinoceros                         = badak
Sheriff                                  = petugas keamanan
Sieve (c)                               = saringan
Solder (c)                             = patri
Tariff (c)                               = tarif
Tonsillitis                              = radang tonsil
Tyranny (c)                         = tirani
Vacillate                               = ragu-ragu
Vanilla (c)                            = vanili
Victuals (c)                          = persediaan makanan

(c) mengindikasikan bahwa kata tersebut penulisannya tepat.
 _______________________________________________________________________

Catatan trainer


Another Spelling Bee______________________________________

Accelerator                 Immacculate      Propellor

Alloted                         Innocuous           Rasberry

Assasin                         Liquify                   Rinoceros

Category                      Millionaire           Sherriff

Connoiseur                                 Miscellanious     Sieve

Demagogue               Paraffin                Solder

Dessicate                     Paralysis               Tariff

Dilapidated                                 Pedagogue         Tonsilitas

Discrimanate              Penitenciary       Tyranny

Disheveled                                 Perspiration       Vaccillate

Disippate                     Phlem                   Vanilla

Effervescent              Picknicking          Victuals

Fuselage                      Prairie

Gaity                                             Presciption


33.       Tugas Tim No. 1

Garis besar

Latihan ini memberikan suatu masalah bagi tim untuk dipecahkan.

Tujuan
1.       Meminta anggota kelompok bekerja sama dalam tim.
2.       Untuk melihat anggota mana saja yang menangani fungsi yang berbeda-beda dalam kelompok. (Ini dapat menjadi tujuan terselubung di awal latihan).

Waktu yang dibutuhkan
30-40 menit

Jumlah peserta
Maksimal 24 orang, lebih dari itu akan sulit diamati.

Materi yang dibutuhkan
Selembar fotocopy ‘Puzzle Angka’ dan sebuah pulpen untuk masing-masing tim.

Prosedur
1.       Latihan ini sebaiknya digunakan berkaitan dengan topik tim, pertemuan, atau sejenisnya. Perkenalkan topik dan bagilah peserta menjadi beberapa tim yang terdiri dari 5-7 anggota. Jika ada kelebihan angota maka bisa diberi peran selaku pengamat.
2.       Berikan fotocopy ‘Pulpen Angka’ dan sebuah pulpen kepada masing-masing tim. Letakkan di tengah-tengah tim, jangan diberikan langsung kepada salah seorang anggota tim.
3.       Katakan bahwa mereka memiliki sebuah masalah untuk dipecahkan. Mereka harus membagi persegi di lembaran puzzle menjadi empat bagian sama besar, masing-masing bagian berisi angka 1-4.
4.       Setelah tim menyelesaikan masalah tersebut, Anda (dan pengamat, jika ada) memberikan feedback tentang peranan yang ditunjukkan oleh masing-masing anggota tim.

Poin diskusi
1.       Apakah anggota kelompok melihat jenis peran yang lain selama latihan?
2.       Apakah peran-peran ini dapat diprediksikan oleh masing-masing orang?
3.       Mungkinkah peran ini terlihat di lingkungan pekerjaan?
4.       Dapatkah kita memodifikasi peran untuk menyesuaikan dengan keadaan?

Variasi
1.       Anda dapat memberikan batas waktu.
2.       Beberapa anggota dapat ditargetkan untuk memegang peran ketua, kertas dan pulpen diberikan kepada mereka.

Solusi






3              2              1              1



 


3              1              4              3



 


4              3              2              4



 


2              2              1              4
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


Numbers Puzzle


3
 


        3              2              1              1

3              1              4              3

4              3              2              4

2              2              1              4


 



Instructions: Divide this square into four equal parts. Each part must contain
one of each number shown.


4.       Tugas Tim No. 2

Garis besar
Latihan ini memberikan suatu masalah bagi tim untuk dipecahkan.

Tujuan
1.       Meminta anggota kelompok bekrja sama dalam tim.
2.       Untuk melihat anggota mana saja yang menangani fungsi yang berbeda-beda dalam kelompok. (Ini dapat menjadi tujuan terselubung di awal latihan).

Waktu yang dibutuhkan
30-40 menit.

Jumlah peserta
Maksimal 24 orang, lebih dari itu akan sulit diamati.

Materi yang dibutuhkan
Flipchart atau tranparansi OHP yang berisi bentuk akhir yang akan dibuat, beberapa kertas segi empat dan sebuah gunting untukmasing-masing tim.

Prosedur
1.       Latihan ini sebaiknya digunakan berkaitan dengan topik tim, pertemuan, atau sejenisnya. Perkenalkan topik dan bagilah peserta menjadi beberapa tim yang terdiri dari 5-7 anggota. Jika ada kelebihan anggota maka bisa diberi peran selaku pengamat.
2.       Berikan beberapa kertas kosong dan sebuah gunting kepada masing-masing tim. Letakkan di tengah-tengah tim, jangan diberikan langsung kepada salah seorang anggota tim.
3.       Katakan bahwa mereka memiliki sebuah masalah untuk dipecahkan. Mereka harus membuat bentuk yang sama seperti yang ditunjukkan. Mereka hanya diperbolehkan menggunting satu kali dan guntingan harus lama tidak boleh berubah arah.
4.       Setelah tim menyelesaikan masalah tersebut, Anda (dan pengamat, jika ada) memberikan feedback tentang peranan yang ditunjukkan oleh masing-masing anggota tim.

Poin diskusi
1.       Apakah anggota kelompok bekerja sebagai sebuah tim?
2.       Apakah anggota kelompok melihat jenir peran yang lain selama latihan?

Variasi
1.       Anda dapat memberikan bekerja sebagai sebuah tim?
2.       Apakah anggota kelompok melihat jenir peran yang lain selama latihan?

Solusi



















 









 _______________________________________________________________________
Catatan trainer

The Final Shape



 










Instructions:               Making oaly one straight cut with your scissors you
must finash up with the shape shown above.


35.       Tes 3 Menit

Garis besar
Kuis singkat ini mengetes seberapa baik peserta memahami komunikasi tertulis.

Tujuan
1.       Mengembangkan ketrampilan berkomunikasi.

Waktu yang dibutuhkan
10 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar fotocopy ‘Tes 3 Menit’ dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Setelah pengenalan topik komunikasi, informasikan kepada peserta bahwa mereka akan diberikan tes 3 menit tentang komunikasi. Mereka harus mematuhi syarat-syarat tes. Anda juga sebaiknya menanyakan apakah ada seseorang yang pernah mengerjakan tes ini sebelumnya, kalau ada, mereka harus tetap berpartisipasi dan mengingat persyaratan tes.
2.       Letakkan pulpen dan fotocopy ‘Tes 3 Menit’ secara terbalik di depan masing-masing peserta. Katakan bahwa segera setelah perhitungan waktu dimulai, mereka memiliki waktu 3 menit untuk menyelesaikan kuis.
3.       Setelah selesai, pimpinlah diskusi tentang memberi dan menerima komunikasi.

Poin diskusi
1.       Siapa yang mengiuti instruksi?
2.       Siapa yang hanya memiliki nama tertulis di ujung kertas sebelah kanan atas?
3.       Bagaimana perasaan peserta yang mengikuti seluruh instruksi kecuali instruksi nomor satu?

Variasi
1.       Beberapa pertanyaan dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan lingkungan pekerjaan atau topik subjek yang dipelajari.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________

Tes 3 menit
atau
Seberapa Baik Anda Menerima Komunikasi?

1.       Baca semua sebelum melakukan apa pun.
2.       Tuliskan nama Anda di pojok kanan atas kertas ini.
3.       Lingkari kata ‘nama’ pada kalimat nomor 2.
4.       Gambarlah lima persegi kecil di pojok kiri atas kertas ini.
5.       Teriakkan nama Anda keras-keras.
6.       Tulis nama Anda lagi di bawah judul kedua kertas ini.
7.       Setelah judul pertama tuliskan ‘Ya’, ‘Ya’, ‘Ya’.
8.       Gambarlah sebuah lingkaran mengelilingi kalimat nomor 5.
9.       Tulskan ‘X’ di pojok kiri bawah kertas ini.
10.   Jika Anda menyukai tes ini katakan ‘Ya’, jika tidak katakan ‘Tidak’.
11.   Teriakkan nama belakang Anda keras-keras ketika Anda sampai pada poin ini.
12.   Di sisi kanan kertas ini kalikan 66 dengan 7.
13.   Gambarlah sebuah segi empat di sekeliling kata ‘kertas’ dalam kalimat nomor 4.
14.   Jika Anda pikir Anda telah mengikuti instruksi dengan cermat sampai poin ini, teriakkan ‘Saya sudah’.
15.   Pada sisi kiri kertas ini jumlahnya 69 dan 98.
16.   Hitung mundur angka 10-1 dengan suara normal.
17.   Berdiri, berputar sekali dan duduk.
18.   Katakan keras-keras, ‘Saya hampir selesai, saya telah mengikuti petunjuk’.
19.   Jika Anda telah selesai sampai poin ini katakan, ‘Saya pemimpin petunjuk selanjutnya’.
20.   Sekarang setelah Anda selesai membaca dengan cermat, sebagaimana diistruksikan pada kalimat nomor 1, kerjakan kalimat nomor 2 saja.


36.       Edarkan Mikrofon

Garis besar
Tekhnik ini dapat digunakan untuk mengontrol diskusi kelompok kecil.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada seluruh anggota kelompok untuk berpartisipasi dalam diskusi kelompok kecil.
2.       Peserta dapat melihat bahwa diskusi kelompok dapat dengan mudah dikontrol jika berkaitan dengan topik kontroversial.

Waktu yang dibutuhkan
Seperlunya.

Jumlah peserta
6-12 orang.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah benda yang pura-puranya digunakan sebagai mikrofon.

Prosedur
1.       Informasikan kepada anggota kelompok bahwa mereka harus berpartisipasi dalam diskusi kelompok mengenai topik kontroversial yang Anda pilih.
2.       Mintalah mereka duduk melingkar, bisa menggunakan kursi atau duduk di lantai. Jika Anda lebih memilih duduk di lantai, usahakan ada cukup bantal ceper untuk diduduki.
3.       Beritahukan mereka bahwa benda yang Anda letakkan di tengah-tengah lingkaran adalah sebuah mikorofon dan jika mereka ingin berbicara mereka harus memegang mikrofon.
4.       Setelah mereka selesai berbicara atau memberikan pandangan, mereka harus meletakkan mikrofon kembali ke tangah-tengah lingkaran untuk diambil dan digunakan oleh peserta lain.
5.       Jika Anda menganggap bahwa ada beberapa peserta yang agak lamban meraih mikrofon, Anda memiliki kekuasaan untuk memberikan mikrofon kepada mereka. Anggota yang lain tidak berhak melakukan ini.
6.       Akhiri diskusi sebagai awal masukan untuk diselesaikan lalu bahas.

Poin diskusi
1.       Apakah setiap orang mendapat kesempatan untuk memberi masukan yang tidak disela oleh peserta lain kapan pun dia mau?
2.       Apakah seseorang yang introvert maupun ekstrovet dapat berbuat banyak dalam latihan seperti ini?

Variasi
1.       Berikan batas waktu berapa lama seorang peserta dapat memegang mikrofon dalam kesempatan yang diberikan.
2.       Jika ada peserta yang dilihat terlalu dominan, fasilitator boleh memutuskan untuk memberi batasan waktu berapa lama masing-masing peserta boleh memegang mikrofon.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


37.       Permukaan Jam

Garis besar
Peserta memperoleh kesempatan untuk melihat bahwa pengamatan mereka tidak setajam yang mereka kita.

Tujuan

1.       Membuat peserta melihat betapa tidak telitinya mereka dalam melakukan pengamatan.
2.       Menyadarkan peserta dalam mereka bisa mengira-ngira terlalu banyak hal untuk diungkapkan.

Waktu yang dibutuhkan

5 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Jam tangan peserta.

Prosedur
1.       Apabila Anda telah siap untuk memulai latihan ini mintalah seorang sukarelawan meminjamkan jam tangannya.
2.       Sembunyikan jam tangan tersebut dari pemiliknya, mintalah ia mendeskripsikan jam tangan itu secara akurat kepada peserta lain.
3.       Setelah deskripsi diberikan, tanyakan pertanyaan spesifik kepada si pemilik tentang jam tangannya. Pertanyaan ini bisa meliputi hal-hal berikut. Apakah permukaan jam tangan itu memiliki angka, angka Romawi, lambang atau kosong? Apakah angka tersebut terletak di dalam atau di luar atau berbentuk?
4.       Berikan jam tangan tersebut kembali ke pemiliknya dan bahas latihan ini.
Catatan: Latihan ini akan berjalan lebih baik apabila fasilitator mencari sukarelawan dengan jam tangan yang memiliki tali jam.

Poin diskusi
1.       Bagaimana bisa seseorang tidak dapat mendeskripsikan sesuatu yang mereka lihat setiap hari sebanyak puluhan kali?
2.       Bagaimana cara kita memperbaik tekhnik pengamatan kita?

Variasi
1.       Mintalah beberapa orang sukarelawan dengan jam tangannya masing-masing dan ulangi latihan untuk membuktikan poin yang dimaksud.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


38.       Relaksasi

Garis besar

Latihan sederhana ini menunjukkan kepada peserta bagaimana cara membuat diri mereka rileks.

Tujuan
1.       Menunjukkan kepada peserta bagaiman menggunakan sebuah tekhnik relaksasi.

Waktu yang dibutuhkan
10 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Gunakan latihanini setelah sesi manajemen stress atau tekhnik relaksasi. Katakan kepada peserta bahwa mereka akan berpartisipasi dalam sebuah tekhnik relaksasi. Sebelum memulai, pastikan bahwa tidak ada peserta yang mengidap penyakt pusing atau memiliki masalah dengan pernafasan.
2.       Mintalah mereka untuk duduk dengan nyaman, menutup mata dan mendengarkan instruksi Anda.
3.       Sekarang bacakan naskag berikut kepada peserta. ‘Konsentrasikan seluruh pikiran anda ke dalam lengan kanan anda, regangkan lengan anda lurus ke depan dan kepalkan tangan dan kencangkan seluruh otot tangan anda. Setelah melakukan ini tariklah nafas dalam-dalam dan katakan kepada diri anda “Biarkan”. Keluarkan nafas perlahan-lahan setelah lima detik dan katakan kepada diri anda “pergi”. Turunkan tangan anda perlahan-lahan ke samping dan rasakan tangan itu benar-benar rileks.
4.       Lakukan prosedur yang sama untuk lengan kiri, kaki kanan, kaki kiri, otot punggung, leher dan terakhir otot wajah.

Poin diskusi
1.       Berhasilkah cara itu?
2.       Bagaimana perasaan anda sekarang?
3.       Dapatkah tekhnik ini dipakai di rumah maupun di kantor?

Variasi
1.       Anda dapat merekam instruksi relaksasi ini ke dalam sebuah kaset.
2.       Musik yang lembut dan perlahan dapat digunakan untuk menghasilkan efek yang lebih baik.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


39.       Catatan untuk Saya

Garis besar

Latihan ini menunjukkan sebuah metode untuk menindaklanjuti pelatihan.\


Tujuan
1.       Membuat peserta mampu mengidentifikasikan cara menggunakan pelatihan ini di tempat kerja.
2.       Menyadarkan peserta bahwa pelatihan apapun harus ditindaklanjuti.

Waktu yang dibutuhkan
20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Matari yang dibutuhkan
Selembar kertas kosong, sebuah pulpen dan amplop untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Katakan kepada para peserta bahwa mereka akan menulis surat untuk diri mereka sendiri tentang pelatihan yang baru saja mereka ikuti. Berikan pulpen, kertas kosong dan amplop kepada masing-masing peserta.
2.       Mereka harus mengidentifikasi cara menerapkan pelatihan ini sekembalinya ke tempat kerja, kemudian membuat daftar gagasan ini pada selembar kertas dalam bentuk agenda untuk mereka sendiri. Mereka juga harus menulis perkiraan masalah dan solusinya dalam penerapan pelatihan ini.
3.       Setelah mereka selesai menulis catatan, katakan kepada mereka untuk menuliskan alamat mereka pada selembar amplop, memasukkan kertas ke dalamnya dan melemnya.
4.       Kumpulkan amplop tersebut. Anda sekarang bertanggung jawab untuk mengeposkan surat ini kepada para peserta pada waktu yang telah disepakati, biasanya 3 atau 6 bulan.

Poin diskusi
1.       Dapatkah rencana tersebut dimodifikasi sekembalinya ke tempat kerja?
2.       Apa yang akan dilakukan setiap orang jika mereka menerima surat ini sedangkan implementasinya belum berhasil?

Variasi
1.       Anda dapat menggunakan kertas yang berisi format pengisian.
2.       Mintalah peserta berpasang-pasangan dan saling menulis surat.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


40.   Permainan Angka

Garis besar

Latihan ini akan menunjukkan kepada peserta bahwa praktek dapat meningkatkan proses belajar.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk melihat bahwa praktek dapat meningkatkan proses belajar.
2.       Membuat peserta berpikir tentang praktek siswa dan evaluasi.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tetapi pelaksanaannya akan sulit jika jumlah anggota kelompok lebih dari 18 orang.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah pulpen dan 6 lembar fotocopy ‘Permainan Angka’ untuk masing-masing peserta. Sebuah jam dengan jarum jam yang menunjukkan detik serta sebuah flipchart atau whiteboard.

Prosedur
1.       Berikan sebuah pulpen dan 6 lembar fotocopy ‘Permainan Angka’ kepada masing-masing peserta. Letakkan lembaran tersebut terbalik di depan peserta dan mintalah peserta untuk tidak membukanya sampai ada instruksi lebih lanjut.
2.       Katakan kepada peserta bahwa mereka akan berpartisipasi dalam sebuah eksperimen yang melibatkan ‘praktek siswa’. Katakan pula bahwa lembaran yang dibagikan masing-masing berisi angka 1 sampai 80. Angka satu telah dilingkari untuk menunjukkan darimana mereka harus mulai. Mereka akan diberikan waktu 1 menit untuk menggabungkan sebanyak mungkin angka secara berurutan dari mulai angka 1. Setelah satu menit mereka harus meletakkan pulpen dan membalik lembaran tersebut lalu menunggu instruksi selanjutnya.
3.       Mintalah para peserta menuliskan angka 1 di balik lembaran pertama. Sekarang minta mereka membalik lembaran kedua dan menggabungkan angka-angka seperti pada lembar pertama. Hentikan kegiatan setelah satu menit dan mintalah mereka membalik lembaran tersebut.
4.       Sekarang mintalah peserta menuliskan angka 2 d balik lembaran kedua. Ulangi kegiatan ini hingga seluruh lembaran terisi.
5.       Sekarang mintalah peserta menghitung berapa angka yang dapat mereka gabungkan di lembar pertama. Tulis informasi ini pada flipchart atau whiteboard. Ulangi sampai lembar ke-6.
6.       Akan terlihat jelas bahwa nilai masing-masing peserta meningkat pada lembar-lembar terakhir dibanding lembar pertama. Jika waktu mengizinkan, Anda dapat menghitung seluruh nilai individu untuk membuat perbandingan yang lebih baik.
Catatan: Pola dimulai dari nomor 1 berada di sebelah kiri atas kuadran. Kemudian berturut-turut membentuk suatu rotasi ke kanan atas, kiri bawah, kanan bawah, lalu kembali ke kiri atas kuadran. Pola ini terus berulang hingga angka 80.

Poin diskusi
1.       Mengapa nilai yang diperoleh meningkat?
2.       Adakah nilai seseorang yang tidak meningkat?
3.       Adakah seseorang yang menemukan pola lokasi angka-angka tersebut?
4.       Dapatkah kita menggunakan pengalaman ini dalam sesi pelatihan?
5.       Berapa banyak praktek yang harus kita berikan pada siswa?

Variasi
1.       Angka-angka di lembaran ‘Permainan Angka’ dapat dikurangi atau ditambah sesuai kebutuhan dan waktu.

Sumber
Diambil dari ‘The Numbers Game’, John W. Newstrom dan Edward E. Scannel, Games Trainers Play, McGraw-Hill, Inc., New York, 1980.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar