Halaman

Selasa, 17 November 2009

100 PERMAINAN UNTUKTRAINING-bag3



11.       Tanda Tangan

Garis besar

Ini merupakan latihan sederhana untuk digunakan sebagai icebreaker.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk memperkenalkan diri mereka kepada peserta lain.

Waktu yang dibutuhkan
10-20 menit tergantung jumlah peserta.

Jumlah peserta

Tidak dibatasi


Materi yang dibutuhkan
Sebuah flipchart atau whiteboarg.

Prosedur
1.       Katakan pada anggota kelompok bahwa mereka akan memperkenalkan diri secara individual kepada peserta lain.
2.       Para peserta maju ke whiteboard atau flipchart satu-persatu dan menandatangani nama mereka. Kemudian mereka memperkenalkan diri, dan memberikan spidol kepada peserta lainnya. Ini diulang sampai semua orang telah memperkenalkan diri mereka kepada peserta lain.

Poin diskusi
1.       Bagaimana perasaan orang-orang ketika berdiri di depan peserta lain untuk memperkenalkan diri mereka?
2.       Bagaimana peserta mengontrol keberanian mereka di depan kelompoknya?

Variasi
1.       Anda, sebagai fasilitator, bisa memulai dengan menandatangani nama Anda dan melakukan perkenalan pertama.
2.       Urutan maju bisa ditentukan terlebih dahulu, yaitu, berurutan dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
3.       Jika yang digunakan adalah whiteboard elektronok, Anda bisa membuat salinan board setelah setiap orang menandatangani namanya. Kemudian salinan ini diperbanyak dan diberikan kepada seluruh peserta sebagai memento program.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


12.       Menggabungkan Titik

Garis besar

Merupakan latihan yang sederhana namun efektif bagi peserta untuk melatih ide berpikir diluar ‘kotak keterbatasan diri’ kita. Juga dapat digunakan untuk mengisi waktu di awal sesi pelatihan sambil menunggu peserta yang terlambat hadir.



Tujuan

1.       Membiarkan peserta melihat bahwa jawaban untuk beberapa masalah tertentu ada di luar batas pemikiran mereka.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
3 lembar kertas dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta. Sebuah whiteboard atau flipchart untuk menggambar titik-titik, atau sebuah transparansi OHP yang telah disiapkan.

Prosedur
1.       Katakan kepada peserta bahwa yang kita miliki adalah cara berpikir tradisional dalam memecahkan masalah. Bagikan kertas dan pulpen.
2.       Berikan masalah 9 titik kepada para peserta. Katakan bahwa mereka mempunyai waktu 2 menit untuk menggabungkan kesembilan titik tersebut dengan 4 garis lurus yang tidak terputus dan mereka tidak diperbolehkan mengangkat pulpen dari atas kertas atau membuat garis dobel.
3.       Setelah 2 menit, tunjukkan kepada peserta bagaimana cara melakukannya. Tekankan gagasan bahwa mereka harus berpikir di luar ‘kotak keterbatasan diri’ yang terkadang kita gunakan dalam berpikir.
4.       Selanjutnya berikan masalah 12 titik kepada peserta. Mereka harus menggabungkan kedua belas titik tersebut dengan 5 garis lurus yang tidak terputus.sekali lagi, mereka tidak boleh mengangkat pulpen dari atas kertas atau membuat garis dobel.
5.       Bagi para peserta yang belum juga menemukan solusi yang tepat, tunjukkan jawabannya dan sekali lagi tekankan gagasan bahwa mereka harus berpikir di luar batas pemikiran mereka.
6.       Akhirnya berikan masalah 16 titik kepada para peserta. Mereka harus menggabungkan titik-titik tersebut dengan 6 garis yang tidak terputus. Mereka tetap tidak diperbolehkan mengangkat pulpen dari atas kertas atau membuat garis dobel.
7.       Tunjukkan solusi kepada para peserta yang berupaya keras mencari jawabannya. Lagi-lagi tekankan bahwa mereka harus meningkatkan batas pemikiran mereka.
8.       Pilihan: Sebelu, mengakhiri latihan ini katakan kepada peserta bahwa ada solusi kedua untuk masalah 9 titik. Biarkan mereka berpikir semalaman untuk mencari solusi tersebut.

Poin diskusi
1.       Adakah yang sanggup memecahkan ketiga masalah tersebut?
2.       Dapatkah kini setiap orang melihat bahwa kita benar-benar menggunakan batasan dalam pemikiran kita?
3.       Dapatkah aplikasi ini digunakan dalam tempat kerja?

Variasi
1.       Ketiga latihan ini dapat digunakan dalam waktu yang berlainan selama pelatihan.
2.       Bisa 1 atau 2 masalah saja yang digunakan.




Solution














































































 






















13.       Asah Otak

Garis besar

Kumpulan asah otak in ibisa digunakan kapan saja selama pelatihan untuk menghidupkan suasana atau mengisi waktu ketika sedang menunggu peserta yang terlambat datang.

Tujuan
1.       Menghidupkan suasana setelah istirahat.
2.       Melihat ide dasar dari salah satu prinsip brainstorming.
3.       Tetap menyibukkan pikiran peserta selama menunggu.

Waktu yang dibutuhkan
5-10 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Lembaran yang dibagikan, transparansi OHP atau flipchart yang memuat asah otak.

Prosedur
1.       Beritahukan kepada peserta bahwa Anda akan menunjukkan kepada mereka kumpulan asah otak untuk dipecahkan.
2.       Tunjukkan asah otak dan mintalah kepada peserta untuk menjawab apabila mereka yakin telah menemukan jawabannya. Anda sebaiknya menjalankan latihan ini sama dengan sesi brainstorming.
3.       Setelah jawaban yang benar diberikan, segera beralih ke masalah selanjutnya.

Poin diskusi
1.       Siapa yangpaling banyak menjawab benar?
2.       Tunjukkan bahwa kita cenderung melihat segala sesuatu secara berbeda.
3.       Anda bisa mengarahkan peserta pada tekhnik brainstorming sebelum melangkah ke sesi utama.

Variasi
1.       Berikan hadiah untuk jawaban yang benar.
2.       Bagilah peserta ke dalam beberapa tim yang terdiri dari 5-7 peserta dan biarkan mereka bersaing untuk melihat tim mana yang paling duluan memecahkan masalah.

Solusi
1.       Mixed felings (perasaan campur aduk).
2.       Horseback riding (mengendarai punggung kuda).
3.       Up in smoke (pekerjaan yang sia-sia).
4.       The price is right (imbalan yang setimpal).
5.       Mid-term exam (ujian tengah semester).
6.       Multiple listing (daftar ganda).
7.       Almost forgotten (hampir terlupakan).
8.       Stepping out of line (keluar jalur).
9.       Feet first.
10.   Repeat after me (ulangi apa yang saya katakan).
11.   Bee in a bonnet (musuh dalam selimut).
12.   Out-going person (orang yang santai).
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer



Brain Teasers
1.
U                        E
            L
E                        N
            I
S                         F

2.


ESROH RIDING
3.
S
M
O
K
E
4.


LEFT PRICE
5.


TEEXAMRM



6.

LISTING
LISTING
LISTING
LISTING
7.


FORGOTTE
8.

    T P G
S P N
E I
9.

1.       FEET
2.       HANDS
3.       FACE


10.


ME/REPEAT
11.


BONBNET
12.


PERSON




14.       Pencarian Barang

Garis besar
Latihan ini dapat digunakan pada tahap pelatihan manapun untuk menghidupkan kembali suasana.

Tujuan
1.       Menghidupkan suasana.
2.       Melihat seberapa cerdas (banyak akal)nya anggota tim.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi harus ada cukup barang untuk bisa diambil oleh semua peserta.

Materi yang dibutuhkan
Daftar tertulis barang-barang yang harus dicari oleh setiap kelompok dansebuah hadiah (misalnya sebungkus permen) untuk tim pemenang.

Prosedur
1.       Bagilah peserta menjadi tim yang terdiri dari 5-7 orang.
2.       Katakan kepada mereka bahwa mereka semua harus terlibat dalam latihan ini. Hadiah akan diberikan kepada tim pemenang.
3.       Berikan daftar pencarian kepada seluruh tim. Beritahukan bahwa mereka harus menggunakan usaha/kekuatan mereka sendir untuk memperoleh seluruh barang.
4.       Hentikan latihan apabila ada tim yang telah mengumpulkan semua benda yang diminta. Peserta kemudian berkumpul kembali untuk pemberian hadiah.

Poin diskusi
1.       Seberapa dekat jarak waktu tim yang lain menyelesaikannya tugasnya?
2.       Bagaimana pendapat anda tentang tim yang menang?
3.       Adakah seseorang di dalam kelompok anda yang lebih banyak akal atau licik dari pada anggota kelompok lainnya?
4.       Adakah seseorang dalam kelompok Anda yang take charge? Siapa? Mengapa?

Barang-barang yang disarankan untuk pencarian barang:
1.       Sisir wanita
2.       Klip kertas
3.       Fotocopy koran hari ini
4.       Segenggam debu
5.       Tiket kereta api
6.       Jumlah pintu masuk ke gedung
7.       Jumlah orang yang bekerja di lantai ini
8.       Secangkir kopi dingin
9.       Petunjuk jalan
10.   Daftar nama lengkap anggota tim
Catatan: Fasilitator sebaiknya menyesuaikan daftar dengan masing-masing kelompok dan lingkungannya. Barang-barang yang lebih sulit ditemukan dapat juga disertakan apabila waktunya cukup.

Variasi
1.       Berikan batasan waktu dan jadikan tim yang mengumpulkan paling banyak benda sebagai pemenangnya.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
Pencarian Barang

Tim Anda diminta untuk mengumpulkan barang-barang berikut.
Batas waktu dan sistem penilaian akan dijelaskan oleh pimpinan.


15.       Perusak Brainstorm

Garis besar

Dalam latihan ini para peserta harus menulis semua pernyataan yang menurut mereka dapat merusak sesi brainstorming.

Tujuan
1.       Membuat peserta sadar akan pernyataan yang tidak diperbolehkan dalam sesi brainstorming.
2.       Memulai penerapan tekhnik brainstorming.
3.       Memberikan kesempatan kepada salah satu anggota kelompok untuk merasakan peran fasilitator.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah whiteboard atau flipchart dan spidol.

Prosedur
1.       Beritahukan peraturan brainstorming kepada para peserta. Pastikan bahwa hal-hal seperti ‘tidak ada penilaian’, ‘semua harus berpartisipasi’, dan ‘kuantitas lebih penting daripada kualitas’ ditekankan sebagai prinsip brainstorming yang penting.
2.       Katakan kepada anggota kelompok bahwa dalam menggunakan tekhnik ini mereka harus memilih sendiri seorang fasilitator untuk memimpin sesi.
3.       Mintalah peserta yang terpilih untuk menggali sebanyak mungkin pernyataan yang dapat ‘menghalangi’ kegiatan brainstorming dari kelompoknya.
4.       Biarkan anggoat kelompok melakukan braistorm selama 10 menit (atau kurang, apabila mereka telah kehabisan ide). Anda boleh berpartisipasi sebagai anggota kelompok untuk mengembangkan ide atau menyarankan pernyataan yang mungkin dilewatkan oleh peserta.
5.       Diskusikan pernyataan-pernyataan yang mereka hasilkan.

Poin diskusi
1.       Diskusikan semua pernyataan yang dihasilkan.
2.       Bagaimana perasaan mereka tidak diperbolehkan berkomentar terhadap ide-ide yangmuncul selama latihan berlangsung?
3.       Apakah mereka menganggap latihan ini sebagai sesi brainstorming? Mengapa? Mengapa tidak?

Variasi
1.       Di akhir latihan ini Anda dapat memfotocopy daftar yang dibuat kelompok untuk dibagikan kepada para anggotanya.
2.       Anda bisa memberikan daftar ‘Pernyataan Umum yang dapat Menghalangi Brainstorming’ dan katakan kepada orang tersebut bahwa ia bertanggung jawab untuk menggali sebanyak mungkin ide-ide ini dari kelompoknya selama masih berperan sebagai fasilitator.

‘Pernyataan Umum yang dapat
Menghalangi Brainstorming

Peserta diharapkan menghasilkan pernyataan berikut. Pastikan bahwa peserta menghasilkan sebagian besar ide dari mereka sendiri. Sedikit pembatasan waktu juga dapat diterapkan.

 

1.       Hal ini menggelikan.

2.       Kita tidak punya waktu.

3.       Kita sudah melakukan hal itu dengan baik sebelumnya.

4.       Mari kita bentuk panitia.

5.       Mengapa mesti diubah bila masih berhasil dengan baik?

6.       Kita belum pernah melakukan hal itu sebelumnya.

7.       Kita tidak siap untuk hal itu.

8.       Itu masalah mereka, bukan masalah kita.

9.       Ayo kembali pada realitas.

10.   Manajemen senior tidak akan setuju dengan hal itu.

11.   Hal itu tidak praktis.

12.   Biayanya akan sangat mahal.

13.   Kita sudah pernah mencobanya.

14.   Ada yang pernah mencoba sebelumnya?

15.   Tidak ada dalam anggaran.
16.   Anda tidak dapat mengajarkan tipuan yang baru kepada seekor anjing tua.
17.   Apa yang akan dikatakan serikat pekerja?
18.   Hal itu tidak termasuk tanggung jawab kita.
19.   Tarik orang lain, mereka akan tertawa.
20.   Anda harus melewatkan yan gsatu itu.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


16.       Rencana Tindakan

Garis besar

Rencana tindakan diberikan kepada peserta untuk menuliskan gagasan atau tugas yang ingin mereka terapkan sekembalinya mereka dari pelatihan ke kantor atau rumah.

Tujuan
1.       Membuat peserta sadar akan pentingnya rencana tindakan.
2.       Memberikan sebuah metode kepada peserta untuk membawa pulang gagasan atau tugas penting.

Waktu digutuhkan
5 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar fotocopy ‘Rencana Tindakan’ untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Beri masukan kepada peserta tentang pentingnya menggunakan gagasan segera setelah mereka kembali ke ‘dunia nyata’. Jika gagasan ini tidak digunakan dalam waktu 24 jam maka mungkin selamanya tidak akan pernah digunakan.
2.       Berikan selembar fotocopy ‘Rencana Tindakan’ kepada masing-masing peserta dan katakan bahwa lembaran itu akan mereka gunakan secara pribadi selama program pelatihan.
3.       Sarankan peserta untuk menuliskan gagasan atau tugas apa saja yang diperoleh dari sesi pelatiha yang dirasa penting bagi mereka. Juga beritahukan peserta bahwa mreka bertanggung jawab untuk melihat ‘Rencana Tindakan’ ketika mereka kembali ke lapangan pekerjaan keesokan paginya. Kemudian apa-apa yang telah mereka tuliskan pada ‘Rencana Tindakan’ harus diterapkan.

Poin diskusi
1.       Berapa banyak gagasan bagus yang telah mereka dengar dan kemudian dilupakan?
2.       Apakah lebih mudah bagi mereka untuk menemukan catatan penting di atas selembar kertas daripada mencarinya di antara tumpukan beberapa rim kertas?

Variasi
1.       Di akhir setiap sesi pelatihan, peserta dapat diminta untuk membagi ‘Rencana Tindakan’ mereka dengan seseorang yang duduk di sampingnya.
2.       Fasilitator dapat memfoto copy ‘Rencana Tindakan’ peserta untuk ditindak lanjuti pada hari berikutnya.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
Rencana Tindakan
Jika Anda mendengar gagasan-gagasan baik atau bagaimana menjalankan suatu tugas dengan cara yang lebih baik, itulah saatnya Anda menuliskan gagasan tersebut pada catatan Anda. Berdasarkan penelitian, gagasan baru yang tidak digunakan dalam waktu 24 jam, umumnya akan dilupakan. Ketika Anda kembali bekerja letakkan lembaran ini pada tempat yang tepat dan pastikan bahwa Anda mencoba melakukan semua hal yang telah Anda tuliskan.

Action Plan
If you hear any good ideas or ways of performing a task a better way, this is the spot for you to write them down. Is has been found that if new ideas aren’t used within 24 hours, they are generally forgotten. When you get back to work put this sheet in a prominent place and make sure that you try all of the things you have made note of.

1.       ____________________________________________________________________________
2.       ____________________________________________________________________________
3.       ____________________________________________________________________________
4.       ____________________________________________________________________________
5.       ____________________________________________________________________________
6.       ____________________________________________________________________________
7.       ____________________________________________________________________________
8.       ____________________________________________________________________________
9.       ____________________________________________________________________________
10.   ____________________________________________________________________________
11.   ____________________________________________________________________________
12.   ____________________________________________________________________________
13.   ____________________________________________________________________________
14.   ____________________________________________________________________________
15.   ____________________________________________________________________________


17.       Monitor Peregangan

Garis besar

Latihan ini sebaiknya disertakan dalam tahap perkenalan suatu program. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk memiliki suatu masukan ke arah kemajuan program.

Tujuan
1.       Sebagai ‘pemanasan’ untuk peserta.
2.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk berpendapat tentang kemajuan program atau beristirahat.

Waktu yang dibutuhkan
Tidak ditentukan.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Selama perkenalan awal katakan kepada peserta bahwa mereka bertanggung jawab atas diri mereka sendiri agar jangan sampai tertidur atau mengantuk selama program berlangsung.
2.       Mintalah 2 atau 3 orang peserta sebagai penanggung jawab.
3.       Katakan kepada sukarelawan ini bahwa mereka adalah ‘monitor peregangan’ dan apabila mereka merasa ingin berdiri atau ingin melakukan peregangan otot, mereka harus melakukannya. Beritahukan peserta lainnya bahwa mereka harus melakukan hal yang sama seperti ‘monitor peregangan’.
4.       Juga katakan kepada peserta bahwa Anda, selaku fasilitator, tidak memiliki kekuasaan mengacuhkan monitor peregangan dan bahwa Anda harus tetap diam pada saat peserta menjalan latihan ini.
Cacatan: Anda harus membisikan salah seorang sukarelawan agar sebentar-sebentar melakukan peregangan. Supaya setiap orang dapat melihat apa yang akan terjadi.

Poin diskusi
1.       Adakah yang dapat menyarankan tipe lain latihan ini?

Variasi
1.       Untuk jumlah peserta yang lebih sedikit cukup 1 atau 2 monitor saja yang dibutuhkan.
2.       Anda dapat menunjuk semua orang menjadi ‘monitor peregangan’.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


18.       Terikat dalam Simpul

 

Garis besar

Latihan ini merupakan icebreaker yang membangkitkan semangat peserta.

Tujuan
1.       Menghidupkan suasana setelah makan siang.
2.       Membuat peserta bergerak dan tertawa.
3.       Meningkatkan semangat tim melalui pemecahan masalah yang sederhana.

Waktu yang dibutuhkan
10-15 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi jika waktu mengizinkan. Umumnya digunakan untuk kelompok yang berjumlah 24 orang.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada. Mungkin Anda harus mengingatkan anggota kelompok untuk memakai pakaian yang nyaman dikenakan agar mereka mudah bergerak kesana kemari.

Prosedur
1.       Mintalah para peserta berdiri dan membentuk lingkaran di tengah-tengah ruang pelatihan.
2.       Setelah peserta berdiri dalam lingkaran yang rapat, suruh mereka mengangkat tangan kiri ke udara. Sekarang tangan kanan mereka menunjuk ke tengah-tengah lingkaran. Setelah semua peserta menjalani instruksi ini mintalah mereka menurunkan tangan kirinya danmeraih tangan kanan seseorang. Sekali kontak ini dibuat mereka tidak boleh melepaskannya.
3.       Katakan kepada peserta bahwa mereka harus membuat satu barisan tanpa melepaskan pegangan tangan satu sama lain. Setelah membentuk barisan, mereka harus kembali membentuk lingkaran. Beritahukan bahwa mereka tidak perlu khawatir jika beberapa anggotanya berada jauh dari pusat lingkaran pada akhir latihan.

Poin diskusi
1.       Adakah peserta yang memutuskan kontak dengan rekan sebelahnya?
2.       Mungkinkah menyelesaikan latihan ini dalam waktu yang lebih singkat? Mengapa? Haruskah kita melakukannya lagi?
3.       Adakah seseorang yang memegang bermacam-macam peran dalam kelompok?

Variasi
1.       Tanyakan jika ada peserta yang ingin mengenakan penutup mata selama latihan. Ini akan menuntun ke arah poin lain yang perlu dibahas.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


19.       Kata-kata yang Umum

Garis besar

Latihan ini dapat digunakan selama pelatihan ketrampilan menulis atau untuk mendemonstrasikan proses pengambilan keputusan.

Tujuan
1.       Mengajak peserta mengidentifikasi 10 kata yang paling sering dipakai dalam tulisan dalam bahasa Inggris.
2.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.
3.       Membangkitkan semangat peserta.

Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Flipchart atau transparansi OHP yang telah dipersiapkan.

Prosedur
1.       Katakan kepada anggota kelompok bahwa mereka harus menentukan 10 kata teratas yang paling sering digunakan dalam tulisan berbahasa Inggris, katakan pula bahwa perhitungan resmi telah dibuat oleh sebuah perusahaan koran besar.
2.       Peserta kemudian harus menentukan 10 kata yang paling sering digunakan, dan mengurutkan kata-kata tersebut dari yang paling sering dipakai hingga yang kurang sering dipakai di antara kesepuluh kata tersebut. Berikan 20-40 menit untuk membuat keputusan akhir.
3.       Setelah waktu habis, berikan feedback kepada peserta tentang proses pengambilan keputusan mereka. Setelah pembahasan disimpulkan, Anda dapat memberikan urutan yang benar kepada mereka.

Poin diskusi
1.       Bagaimana keputusan dibuat?
2.       Siapa yang memiliki logika paling baik?
3.       Siapa yang berbicara seolah-olah dia mengetahui jawabannya?
4.       Siapa saja pemimpin tidak resmi dalam latihan ini? Mengapa?

Variasi
1.       Peserta dapat dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil yang terdiri dari 5-7 peserta.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________

10 Kata Teratas
the
of
to
and
a
in
for
is
on
that

Sumber
Perhitungan kata tahun 1986 oleh koran Sidney Morning Herald. Informasi diperoleh dari Profesor David Blair, School of English, Universitas Macquarie, Sidney.


20.   Siapa Nama Anda?

Garis besar
Latihan ini merupakan icebreaker yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada anggota kelompok, juga fasilitator dalam mengingat nama setiap orang.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengingat nama setiap orang.
2.       Memberikan kesempatan kepada fasilitator untuk mengingat nama setiap orang.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
8-2 peserta.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Katakan kepada anggota kelompok bahwa di akhir latihan ini mereka diharapkan mengetahui nama seluruh peserta. Jika ada papan nama, mintalah peserta untuk melepaskannya.
2.       Katakan kepada peserta bahwa masing-masing orang akan memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan nama dan satu hal yang tidak lazim tentang mereka. Misalnya ‘Nama saya Jack dan saya memiliki sebuah kebun mawar’.
3.       Kemudian beritahukan bahwa peserta berikutnya harus mengulangi nama dan satu hal tidak lazim yang disebutkan orang pertama. Lalu orang ini menyebutkan nama dan satu hal yang tidak lazim tentang dirinya sendiri.
4.       Peserta lainnya harus melakukan prosedur serupa tapi mengingat seluruh nama dan hal-hal tidak lazim dari mulai orang pertama hingga orang sebelum mereka.

Poin diskusi
1.       Dapatkah setiap orang mengingat nama seluruh peserta?
2.       Di kehidupan sehari-hari kita memiliki kesulitan dalam menghafalkan nama. Tekhnik ini dapat dicoba, namun orang mungkin akan berpikir terlebih dahulu tentang hal yang tidak lazim mengenai diri mereka.

Variasi
1.       Sebaiknya Anda mulai terlebih dulu. Kemudian peserta dapat memahami apa yang harus mereka lakukan.
2.       Anda bisa mengambil giliran terakhir, supaya memastikan bahwa mereka memiliki motivasi untuk mengingat semua nama.
3.       Name tag dapat digunakan dalam kelompok yang lebih besar. Name tag ditutup dengan tangan peserta dan hanya ditunjukkan apabila orang yang harus menyebutkan nama tersebut tidak dapat melakukannya.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar