Halaman

Selasa, 12 Januari 2010

100 PERMAINAN UNTUK TRAINING-bag10

81.       Benda Apa Ini?

Garis besar

Latihan ini menunjukkan betapa sulitnya suatu perubahan.

Tujuan
1.       Membuat peserta melihat bagaimana mereka bereaksi terhadap suatu perubahan.
2.       Membuat peserta berpikir tentang perubahan, implementasinya dan penerimaannya.

Waktu yang dibutuhkan
5-10 menit.


Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Berikan pulpen dan selembar kertas kepada masing-masing peserta.
2.       Mintalah mereka berpikir tentang sebuah benda yang telah mereka letakkan di suatu tempat di rumah. Jika mereka sudah memikirkan benda tersebut mereka harus menggambarnya dengan menggunakan tangan yang tidak biasa digunakan untuk menulis.
3.       Mintalah mereka secara diam-diam memberikan gambar mereka kepada seseorang yang duduk di sebelahnya. Orang tersebut harus menebak benda apakah itu dan menulis nama benda tersebut di bawah gambar.
4.       Setelah setiap gambar telah diberi nama, kembalikan kepada pemiliknya.
5.       Hubungkan latihan ini dengan tema perubahan. Penjelasan tentang latihan bisa berupa penjelasan bahwa manusia umumnya merasa tidak nyaman dengan perubahan (menggunakan tangan yang berbeda untuk menulis) dan tidak yakin dengan hasil perubahan tersebut (akankah mereka tahu apa hasilnya?).



Poin diskusi
1.       Berapa banyak benda yang ditebak dengan benar? (Biasanya mayoritas).
2.       Siapa yang merasa tidak nyaman menggunakan tangan ang tidak biasa dipakai?
3.       Apakah kita cenderung menentang perubahan sekecil apapun?
4.       Bagaimana cara kita mengatasi perlawanan ini?

Variasi
1.       Dapat ditetapkan benda jenis lain.
2.       Peserta juga dapat diminta untuk menutup matanya pada saat menggambar.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


82.       Kembali

Garis besar

Ini merupakan latihan untuk mengumpulkan kembali peserta setelah istirahat.

Tujuan
1.       Membuat peserta tahu jam berapa mereka diminta kembali setelah istirahat.
2.       Memastikan bahwa peserta kembali tepat pada waktunya.

Waktu yang dibutuhkan
2 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Informasikan peserta bahwa mereka akan beristirahat dalam beberapa menit lagi.
2.       Sebelum keluar, mintalah mereka mencocokkan jam tangan mereka dengan jam tangan Anda. (Cobalah menunjukkan wajah tegas untuk latihan ini.)
3.       Sekarang tambahkan dengan lama waktu istirahat dan beritahukan peserta bahwa itu adalah waktu dimulainya sesi berikutnya, dengan atau tanpa mereka. Sebagai contoh, sekarang pukul 10.13, mintalah peserta mencocokkan jam tangan mereka, dan mereka akan beristirahat selama 20 menit dan mereka harus kembali tepat pukul 10.33.
4.       Mulailah sesi berikutnya pada waktu yang telah ditetapkan, meski cuma beberapa peserta yang telah kembali. Peserta yang terlambat hadir akan segera mengerti maksudnya.

Variasi
1.       Tunjuklah salah satu peserta untuk bertanggung jawab mengumpulkan seluruh peserta kembali pada waktu yang telah ditentukan.

Sumber
Jude Pettitt, Lugarno, NSW.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


83.       Kirimkan

Garis besar

Ini merupakan cara alternatif untuk mengevaluasi suatu program yang ditempatkan pada lembar reaksi akhir pelatihan.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengevaluasi program secara spontan.

Waktu yang dibutuhkan
10-20 menit, tergantung jumlah dan jenis pertanyaan.

Jumlah peserta
Maksimal 50 orang.

Materi yang dibutuhkan
Catatan ‘Kirimkan’, pulpen dan lembaran kertas yang telah dipersiapkan.

Prosedur
1.       Mulailah proses evaluasi dengan mengatakan kepada peserta bahwa mereka akan diminta mengevaluasi hal-hal tertentu sebelum penutupan program.
2.       Berikan catatan ‘Kirimkan’ kepada peserta yang banyaknya paling tidak sama dengan jumlah pertanyaan atau poin yang ditunjukkan pada masing-masing lembaran kertas, dan sebuah pulpen untuk menulis.
3.       Tunjukkan lembaran kertas yang telah dipersiapkan dengan pertanyaan atau poin yang Anda ingin evaluasi atau komentari. Anda dapat memasukkan pertanyaan berikut. Apa yang anda sukai dari program ini? Apa yang ingin anda ubah? Apa hal terbaik yang anda peroleh? Apa halangan anda dalam menerapkan ide-ide ini? Pesan untuk peserta pelatihan yang lain? Dan lain-lain.
4.       Mintalah peserta untuk berkeliling ruangan, bacakan setiap lembar secara bergantian, tulis komentar mereka pada catatan ‘Kirimkan’ dan tempelkan komentar tersebut pada kertas.
5.       Setelah seluruh peserta telah berkomentar pada setiap lembar kertas, Anda dapat menutup program.

Variasi
1.       Latihan ini dapat dilakukan dalam tim dimana satu tim terdiri dari 5-7 orang dan mintalah setiap tim melekatkan catatannya pada lembaran kertas.
2.       Semua komentar harus dibandingkan dan dikirimkan kepada para peserta sama halnya dengan yang disimpulkan dalam laporan akhir program.

Sumber
Jude Pettitt, Lugarno, NSW.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


84.       15 Bagian

Garis besar

Ini merupakan latihan non verbal yang dapat digunakan secara efektif selama sesi komunikasi.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk berkomunikasi secara non verbal.

Waktu yang dibutuhkan
30-45 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Satu set yang berisi 15 potong kertas (bagian) dalam 5 amplop untuksetiap 5 peserta.

Prosedur
1.       Bagilah peserta menjadi beberapa subkelompok yang terdiri dari 5 orang. Anggota yang tidak dapat kelompok diberikan peran sebagai pengamat.
2.       Berikan setiap anggota subkelompok sebuah amplop yang berisi 3 bagian dari sebuah bujursangkar. Mintalah mereka untuk tidak membuka amplop tersebut sebelum disuruh.
3.       Beritahukan subkelompok bahwa setiap anggotanya memiliki sejumlah bagian dalam amplop mereka untuk membentuk sebuah bujursangkar. Namun beberapa bagian dari bujursangkar tersebut berada di dalam amplop anggota lainnya. Tugas masing-masing anggota adalah untuk melengkapi bujursangkar tersebut. Semua bujursangkar harus memiliki ukuran yang sama.
4.       Katakan kepada para peserta bahwa latihan ini harus diselesaikan secara non verbal (tidak boleh mengatakan sesuatu), tidak boleh menggunakan paksaan dalam mendapatkan bagian lain.
5.       Bahaslah dengan mendiskusikan omunikasi non verbal dan metode pemecahan masalah untuk jenis situasi semacam ini.

Poin diskusi
1.       Adakah subkelompok yang mengira bahwa mereka telah menyelesaikan latihan padahal seluruh anggotanya belum melengkapi bujursangkar tersebut?
2.       Adakah anggota subkelompok yang membuat bujursangkar yang terlalu besar sehingga menghambat anggota lain dalam menyelesaikan tugasnya? Apa hasilnya?
3.       Bagaimana informasi tersebut dikomunikasikan? Apakah komunikasi tersebut efektif?

Variasi
1.       Potongan kertas (bagian) dapat diwarnai dengan warna yangberbeda-beda untuk membingungkan peserta.
2.       Peserta dapat dibertahu bahwa bujursangkar tersebut memiliki ukuran sisi sekitar 20 cm. Hal ini akan mempercepat proses.

Sumber
Diambil dari ‘Broken Squares’, Elizabeth M. Cristopher dan Larry E. Smith, Pelatihan Kepemimpinan Melalui Permainan, Nichols Publishing Co., New York, dan Kogan Page Limited, London, 1987.
 _______________________________________________________________________


Catatan trainer

The Pieces

























 4, 2, 5

 2, 5, 2
 10 cm

 20 cm
 5, 4, 1





 20 cm
 10 cm




 2, 5, 1
 1, 3, 3


 10 cm

 10 cm




 10 cm, 10 cm



 




















85.       Housie

Garis besar

Permainan ini akan membuat para peserta saling mengenal.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertemu beberapa peserta lain secara singkat.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, semakin banyak lebih baik (lebih dari 20 orang).

Materi yang dibutuhkan
Sebuah kartu housie dan pulpen untuk masing-masing peserta. Setiap kartu housie harus memiliki angka housie yang cocok yang tertulis di belakangnya. Juga diperlukan sebuah hadiah kecil.

Prosedur
1.       Berikan sebuah kartu housie dengan sebuah angka yang tertulis di belakangnya kepada setiap peserta.
2.       Beritahukan anggota kelompok bahwa mereka memiliki waktu 10 menit utnuk mengedarkan kartu tersebut secara cepat satu sama lain agar orang lain menandai angka khusus mereka jika tertera pada bagian depan kartu.
3.       Orang yang memiliki paling banyak tanda tangan dalam waktu yang ditentukan adalah pemenangnya dan mendapatkan sebuah hadiah.

Poin diskusi
1.       Siapa yang paling banyak mendapatkan tanda tangan?
2.       Berapa tanda tangan yang diperoleh peserta lainnya?

Variasi
1.       Kartu dapat berisi angka seluruh peserta. Dengan melakukan hal ini maka orang yang mengumpulkan tanda tangan paling cepat dapat mengatakan ‘Housie’.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


86.       Bingo Peserta

Garis besar

Latihan ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengetahui hal-hal unik tentang anggota kelompok yang lain.

Tujuan
1.       Membuat peserta saling mengetahui satu sama lain.
2.       Membuat peserta berkeliling.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar ‘Bingo Peserta’ dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta. Juga dibutuhkan sebuah hadiah kecil.

Prosedur
1.       Katakan kepada peserta bahwa mereka akan memainkan ‘Bingo Peserta’. Berikan sebuah pulpen dan selembar ‘Bingo Peserta’ kepada masing-masing peserta.
2.       Beritahukan peserta bahwa mereka harus berkeliling danmencari orang yang sesuai dengan persyaratan pada setiap kolom di lembaran tersebut. Ketika mereka menemukan orangnya, mereka harus meminta orang tersebut menuliskan namanya di dalam kolom yang sesuai. Kemudian mereka melanjutkan mencari orang lain. Seorang peserta hanya boleh menuliskan namanya dalam satu kolom meskipun ia memenuhi persyaratan dalam kolom lainnya.
3.       Orang pertama yang berhasil melengkapi seluruh kolom harus meminta hadiahnya dengan meneriakkan ‘Bingo Peserta’. Anda periksa lembarannya danberikan ia hadiah.

Poin diskusi
1.       Apakah para peserta menemukan hal-hal aneh tentang peserta lainnya?
2.       Adakah yang memiliki pertanyaan atau komentar untuk diajukan selama waktu istirahat berikutnya?

Variasi
1.       Lembaran ‘Bingo Peserta’ dapat disesuaikan dengan target peserta.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
Bingo Peserta
Anda harus menemukan seseorang yang:

Memiliki sebuah mobil sport
Memiliki sebuah rumah di pedesaan
Telah menikah

Memiliki 2 anak
Bermain tenis

Jogging setiap hari
Jalan kaki ke tempat kerja
Suka membaca
Bermain sepak bola

Menggunakan komputer
Balap mobil

Melakukan scuba diving
Suka merajut
Menyenangi anggur yang enak
Memandori staf

Memiliki 4 anak
Memiliki saudara kembar
Memiliki anjing piaraan
Memiliki kucing piaraan

Suka berkuda
Tidak ingin berada di sini
Bermata biru
Bermata coklat

Berambut pirang


87.       Pilihlah Sebuah Bentuk

Garis besar

Ini merupakan latihan singkat untuk membuat peserta tertawa.

Tujuan
1.       Membuat peserta tertawa.
2.       Menghilangkan ketegangan.

Waktu yang dibutuhkan
5 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah transparansi OHP yang telah dipersiapkan atau diagram.

Prosedur
1.       Perkenalkan latihan dengan mengatakan kepada peserta bahwa mereka akan diminta mengasosiasikan diri mereka dengan salah satu bentuk dari empat bangun datar yang akan ditunjukkan.
2.       Tunjukkan transparansi OHP yang telah disipakn dan berikan peserta waktu satu menit utnuk memikirkan bentuk mana yang paling sesuai dengan mereka.
3.       Setelah tiap peserta memilih sebuah bentuk, mulailah dengan pertanyaan ‘Siapa yang berasosiasi dengan segitiga?’. Sambil mengangkat tangan, katakan kepada orang-orang ini bahwa mereka memiliki dasar yang teratur dan secara umum cukup stabil. Kemudian tanyakan siapa yang berasosiasi dengan bujursangkar. Beritahukan bahwa mereka adalah orang-orang yang solid dan teratur. Lalu mintalah orang-orang yang berasosiasi dengan Z mengangkat tangannya. Kaakan bahwa mereka umumnya adalah pemimpin yang baik. Akhirnya mintalah orang-orang yang berasosiasi dengan lingkaran mengangkat tangannya. Beritahukan bahwa pikiran mereka selalu disibukkan denganmasalah seks dan hal-hal tidak bermanfaat.
4.       Setelah peserta berhenti tertawa, bimbinglah menuju topik yang ada.

Variasi
1.       Anda dapat menggunakan deskripsi lain untuk bentuk-bentuk tersebut.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer

Pick a Shape

Which shape can you associate with?

















 















88.       Berbicara 2 Menit

Garis besar

Latihan ini melibatkan peserta dalam latihan berbicara di depan umum yang sederhana.

Tujuan
1.       Memberikan pengalaman kepada peserta untuk bebricara di depan kelompoknya.
2.       Untuk melihat betapa cepatnya setiap peserta dapat menyusun dan mengontrol sebuah presentasi singkat.

Waktu yang dibutuhkan
30-40 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 5-7 orang.

Materi yang dibutuhkan
1.       Sebuah daftar topik yang telah disiapkan, gunting menjadi potongan kertas kecil, lipat dan tempatkan dalam sebuah kotak kecil yang terbuka. Topik dapat meliputi hal-hal sebagai berikut: keju, kopi, pensil, komputer, kendaraan bermotor, karpet, wol, sepatu, jari kaki, jari tangan, meja, kursi, kertas, udara, air, gelas, waktu, dll.

Prosedur
1.       Mintalah peserta membentuk kelompok yang terdiri dari 5-7 orang. Beritahukan bahwa mereka akan memberikan presentasi selama 2 menit sambil berdiri di depan seluruh anggota kelompoknya.
2.       Kemudian mintalah pembicara pertama untuk maju ke depan dan mengambil satu topik dari kotak yang disediakan.
3.       Setelah pembicara memilih topik, ia harus kembali ke kelompoknya dan berbicara secara spontah selama 2 menit. Proses ini dilanjutkan untuk seluruh peserta.
4.       Setelah semua peserta telah maju dan berbicara, bahasilah latihan tersebut.

Poin diskusi
1.       Berapa orang yang merasa sangat ketakutan?
2.       Seberapa banyak persiapan yang dibutuhkan untuk sebuah presentasi yang singkat?
3.       Apakah para peserta ingin melakukannya lagi?

Variasi
1.       Anda dapat memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih topiknya sendiri.
2.       Latihan ini dapat dilakukan dalam kelompok yang lebih besar selama waktu memungkinkan.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


89.       Kemana Perginya?

Garis besar

Latihan ini membuat peserta melihat pentingnya membuat prioritas dari suatu tugas.

Tujuan
1.       Membuat peserta melihat kemana perginya waktu mereka.
2.       Menyadarkan peserta bahwa mereka harus membuat prioritas dari tugas dan proyek.

Waktu yang dibutuhkan
40-60 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar fotocopy ‘Kemarin’ dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Perkenalkan latihan dengan mengatakan kepada peserta bahwa mereka harus mengingat semua hal yang mereka lakukan kemarin, selama 24 jam. Berikan lembaran fotocopy ‘Kemarin’ dan sebuah pulpen untuk setiap peserta.
2.       Sekarang berikan mereka waktu 10 menit untuk memikirkan tentang apa yang telah mereka lakukan kemarin dan menuliskannya. Apa yang mereka tulis harus meliputi total waktu 24 jam.
3.       Setelah semua hal ditulis, mintalah mereka menuliskan sebuah prioritas untuk masing-masing item. Dapat ditandai dengan prioritas ‘A’, ‘B’ atau ‘C’. ‘A’ menandakan item tersebut terkait dengan tujuan hidup utama atau prioritas teratas dari seseorang. ‘B’ menunjukkan bahwa item tersebut harus dilakukan, tapi tidak terkait dengan tujuan hidup utama ‘C’ menunjukkan bahwa item tersebut dapat ditunda untuk sementara atau mungkin tidak perlu dikerjakan pertama kali.
4.       Setelah daftar dilengkapi, tanyakan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk prioritas ‘A’. dilanjutkan dengan sebuah diskusi tentang pentingnya mengerjakan prioritas ‘A’ setiap hari, dan menghilangkan sebagian besar prioritas ‘C’

Poin diskusi
1.       Siapa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk prioritas ‘C’?
2.       Siapa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk prioritas ‘B’?
3.       Siapa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk prioritas ‘A’?
4.       Seberapa penting masing-masing kelompok prioritas ini?
5.       Apakah peserta memiliki waktu seimbang antara pekerjaan dan urusan pribadi?
6.       Dapatkah peserta mengingat semua hal yang mereka kerjakan kemarin? Jika tidak, mungkinkah waktu yang digunakan tidak produktif?
7.       Apakah waktu relaksasi merupakan prioritas ‘A’?

Variasi
1.       Dapat digunakan sebuah time log sebelum memulai program.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer

Yesterday
Task
Time
Priority




























































Total time spent on ‘A’ tasks =
Total time spent on ‘B’ tasks =
Total time spent on ‘C’ tasks =


90.   Kirimkan Saya Sebuah Catatan

Garis besar

Icebreaker ini dapat digunakan pada hari akhir suatu pelatihan yang lama.

Tujuan
1.       Membuat peserta berpikir positif.
2.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan pesan pribadi yang positif kepada peserta lain.

Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit tergantung banyaknya peserta.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi semakin banyak peserta maka waktunya akan semakin lama.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah pulpen dan amplop besar untuk masing-masing peserta. Juga dibutuhkan potongan kertas yangbanyak.

Prosedur
1.       Katakan kepada peserta bahwa mereka akan terlibat dalam latihan refleksi positif. Mintalah mereka memindahkan kursi mereka untuk membentuk sebuah lingkaran besar.
2.       Berikan sebuah pulpen, amplop dan potongan kertas secukupnya kepada masing-masing peserta untuk menuliskan satu komentar untuk setiap orang dalam kelompok tersebut. Mintalah mereka menulis nama mereka sendiri di depan amplop tersebut.
3.       Kemudian mintalah mereka memberikan amplop itu kepada orang yang duduk di sebelah kanannya. Katakan orang ini agar memikirkan sebuah poin positif atauyang menyenangkan tentang orang yang namanya tertera pada amplop, tulislah poin terseut pada sebuah potongan kertas dan memasukkannya ke dalam amplop. Kemudian amplop tersebut diberikan kepada orang yang duduk di sebelah kanan, demikian seterusnya. Pastikan bahwa setiap orang memahami betul bahwa seluruh komentar harus positif.
4.       Setelah amplop diedarkan ke seluruh peserta, beritahukan peserta bahwa mereka boleh membuka amplopnya masing-masing dan membaca komentar dari peserta lain. Mereka harus membawa pemikiran positif ini k tempat kerja.

Poin diskusi
1.       Bagaimana perasaan setiap orang?
2.       Adakah yang ingin membicarakan komentar yang ada di dalam amplopnya?

Variasi
1.       Berikan selembar kertas kepada masing-masing peserta di akhir latihan untuk menempelkan potongan-potongan kertas tersebut. Kertas ini dapat disimpan sebagai suatu referensi permanen untuk dilihat setiap kali mereka merasa down.
2.       Fasilitator boleh ikut atau tidak berpartsipasi. Jika Anda telah terlibat lama dengan para peserta sejak awal, maka sangat dianjurkan agar Anda berpartisipasi dalam latihan ini.

Sumber
Diambil dari saran Georgina Rea, Lakemba, NSW.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


91.   Jaring Labah-labah

Garis besar

Latihan ini dapat digunakan sebagai penutup suatu program yang panjang. Sebaiknya digunakan dengan peserta yang telah menghabiskan banyak waktu bersama-sama.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan pesan terakhir kepada seluruh peserta lain.
2.       Untuk mendorong jaringan kerja antar peserta di masa yang akan datang.

Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit tergantung banyaknya peserta.

Jumlah peserta
Maksimal 30 orang.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah gulungan besar wol atau benang.

Prosedur
1.       Mintalah seluruh peserta berdiri dan membentuk sebuah lingkaran kecil.
2.       Mulailah jaring labah-labah dengan melemparkan komentar Anda kepada seluruh peserta. Anda bisa menatakan tentang apa yang telah Anda peroleh dari program ini, apa yang Anda ingin lihat di masa yang akan datang dengan informasi baru yang telah diberikan, dll. Setelah Anda mengatakan sepatah dua patah kata, pegang ujung benang dan lemparkan gulungan benang tersebut kepada peserta di seberang lingkaran.
3.       Si penerima gulungan memberikan pesan terakhir kepada peserta lainnya kemudian melemparkan gulungan benang kepada peserta lain sambil memegangi bagian benag yang terurai. Proses ini berlanjut hingga seluruh peserta mendapatkan kesempatan berbicara. Di akhir latihan seluruh peserta akan memegang benag dan benang tersebut akan membentuk bentuk yang serupa dengan jaring labah-labah.

Sumber
Jude Pettitt, Lugarno, NSW.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


92.   Secara Pribadi

Garis besar

Ini merupakan cara sederhana untuk menutup program secara formal.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyatakan apa yang menurut mereka, mereka dapatkan dari program ini.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Mintalah peserta untuk berpasang-pasangan. Kemudian melengkapi kalimat berikut kepada rekan mereka. ‘Secara pribadi, satu hal yang saya peroleh dari program ini adalah…’
2.       Setelah masing-masing individu telah saling menjawab satu sama lain, Anda dapat berkeliling ruangan untuk mendapatkan respon spontan dari setiap peserta terhadap pertanyaan tersebut.

Poin diskusi
1.       Apakah seluruh feedback positif?
2.       Adakah yang memiliki hal lain yang ingin mereka tambahkan setelah mendengar jawaban peserta lain?

Variasi
1.       Jika jumlah peserta tidak terlalu banyak, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada setiap peserta tanpa mereka harus berpasangan.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


93.   Aplikasi

Garis besar

Latihan ini akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk memikirkan cara mereka menerapkan pengetahuan, ketrampilan atau sikap baru sekembalinya ke tempat kerja.

Tujuan
1.       Membuat peserta berpikir tentang cara menerapkan pelatihan sekembalinya ke tempat kerja.
2.       Untuk menutup pelatihan secara formal.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Mintalah peserta berpasang-pasangan. Lalu mengajukan pertanyaan berikut satu sama lain: ‘Bagaimana Anda akan menerpakan pelatihan ini sekembalinya ke tempat kerja?
2.       Setelah semua peserta menjawab pertanyaan rekannya, Anda bisa berkeliling untuk mendapatkan jawaban spontan dari siapa saja. Jika ada yang memiliki rintangan atau masalah dengan implementasi pelatihan tersebut, tanyakan sebabnya dan tindak lanjuti dengan sesi brainstorming untuk mencari solusi yang masuk akal.

Poin diskusi
1.       Dapatkah setiap orang menerapkan pengetahuan, ketrampilan atau sikap baru sekembalinya ke tempat kerja?
2.       Adakah peserta yang memiliki masalah dengan penerapan tersebut?
3.       Kira-kira bagaimana perasaan karyawan lain di tempat kerja peserta terhadap perubahan itu?

Variasi
1.       Mintalah setiap orang menulis jawaban atas pertanyaan tersebut di atas selembar kertas, kumpulkan kertas itu kemudian bacakan di depan seluruh peserta.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


94.   Bertepuk Tangan

Garis besar

Ini merupakan latihan pembangkit semangat untuk membuat para peserta bergerak dan tertawa.


Tujuan
1.       Membuat peserta bertepuk tangan dan bergerak berkeliling.
2.       Membuat peserta tertawa.

Waktu yang dibutuhkan
2-5 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.

Prosedur
1.       Katakan kepada para peserta bahwa mereka akan terlibat dalam latihan pembangkit semangat. Beritahukan mereka bahwa pelaksanaan latihan ini merupakan suatu kebiasaan yang bertentangan dengan banyak program.
2.       Sekarang katakan bahwa kebiasaan ini adalah mereka harus memberikan applaus kepada orang yang menyediakan fasilitas minum teh (atau siapa saja yang dipilih oleh fasilitator). Setelah bertepuk tangan, beritahukan peserta tentang bagian kedua dari ritual ini. Sekarang mereka harus memberikan applaus kepada orang yang membersihkan ruangan pelatihan (atau siapa saja yang dipilih fasilitator). Hal ini dapat berlangsung selama yang Anda inginkan.
3.       Doronglah dengan memberikan applaus keras untuk memulai, dan kemudian berdiri, tersenyum, menghentakkan kaki dan bersuit.

Poin diskusi
1.       Adakah peserta yang mempunyai nominator untuk diberikan applaus?

Variasi
1.       Fasilitator dapat memilih anggota kelompok untuk memberikan applaus.
2.       Sebuah ‘Meteran Tepuk Tangan’ dapat digambar pada whiteboard supaya peserta dapat melihat tingkat applaus mereka.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


95.   Garis Waktu

Garis besar

Latihan ini akan memberikan kesempatan kepada peserta agar lebih akrab dengan perasaan satu sama lain. Juga dapat digunakan untuk menilai tingkat stress dalam kehidupan para peserta.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengidentifikasi 6 perubahan besar dalam hidup mereka.
2.       Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyusun perubahan tersebut dan mengungkapkannya jika mereka bersedia.

Waktu yang dibutuhkan
15 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta.

Prosedur
1.       Berikan selembar kertas dan pulpen kepada masing-masing peserta. Mintalah mereka mengidentifikasi 6 perubahan besar dalam hidup mereka yang dapat mereka ingat. Juga beritahukan bahwa meski mereka tidak akan diminta untuk menyatakan keenam peristiwa tersebut, mereka diminta berbagi satu diantaranya dengan seorang rekan.
2.       Setelah mereka memikirkan perubahan hidup ini, mintalah mereka menggambar suatu garis waktu dimulai dari peristiwa besar pertama dan berakhir sampai detik ini. Bersamaan dengan garis waktu tersebut mereka diminta untuk menandai keenam perubahan. Mereka tidak diminta menuliskan peristiwa apa saja perubahan tersebut.
3.       Setelah keenam peristiwa ditandai, mintalah mereka berbalik menghadap rekannya dan memberitahukan salah satu dari keenam peristiwa tersebut. Setelah keduanya menggambarkan peristiwa masing-masing, mintalah mereka mengindikasikan perasaan apa yang mereka miliki sebelum, selama dan setelah perubahan hidup ini.
4.       Sekarang pimpinlah sebuah diskusi tentang topik ini.

Poin diskusi
1.       Apakah orang yang memiliki mayoritas peristiwa ini berkelompok bersama-sama?
2.       Dapatkah kita menggunakan sesuatu semacam garis waktu ini untuk mengidentifikasi orang yang mengalami stress hebat?

Variasi
1.       Anda dapat meminta garis waktu dimulai dari usia 1, 5, 10 atau 20 tahun atau bahkan sejak lahir.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


96.   Kuis Orientasi

Garis besar
Ini merupakan kuis yang digunakan sebelum pengenalan atau orientasi program.

Tujuan
1.       Membuat peserta saling mengenal satu sama lain.
2.       Meningkatkan rasa ingin tahu peserta.

Waktu yang dibutuhkan
15-30 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar fotocopy kuis dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta. Anda mesti menyiapkan kuis sebelum program dimulai. Kuis tersebut sebaiknya berdasarkan fakta menarik tentang organisasi dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. seluruh pertanyaan kuis harus dalam bentuk positif dan menarik bagi para peserta.

Prosedur
1.       Katakan kepada para peserta bahwa mereka akan diberikan sebuah kuis. Berikan selembar fotocopy dan pulpen untuk masing-masing peserta. Berikan mereka waktu 10-15 menit untuk menjawab pertanyaan sebanyak mungkin. Jawaban tersebut sebaiknya diperoleh dari pengamatan terhadap anggota kelompok lain.
2.       Setelah waktu habis, mintalah para peserta bertukar kertas dan bacakan jawaban yang benar. Berikan sebuah hadiah kepada peserta yang memiliki nilai tertinggi.

Poin diskusi
1.       Adakah peserta yang mengetahui seluruh jawaban?
2.       Adakah yang menemukan seseorang yang tahu banyak tentang hal-hal tertentu?

Variasi
1.       Peserta dapat dibagi menjadi beberapa tim yang terdiri dari 5-7 orang dan tim yang memiliki skor tertinggi akan mendapatkan hadiah.
2.       Kuis tersebut dapat digunakan untuk sesi atau program lain.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


97.   Pencarian Orang

Garis besar
Latihan ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk menggunakan kecepatan dan mengetahui hal-hal unik tentang anggota kelompok yang lain.

Tujuan
1.       Membuat peserta saling mengetahui satu sama lain.
2.       Membuat peserta berkeliling.

Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan
Selembar ‘Pencarian Orang’ dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta. Juga dibutuhkan sebuah hadiah kecil.

Prosedur
1.       Katakan kepada peserta bahwa mereka akan memainkan ‘Pencarian Orang’. Berikan sebuah pulpen dan selembar ‘Pencarian Orang’ kepada masing-masing peserta.
2.       Beritahukan peserta bahwa mereka harus berkeliling dan mencari orang yang sesuai dengan persyaratan pada setiap kolom di lembaran tersebut. Ketika mereka menemukan orangnya, mereka harus meminta orang tersebut menuliskan namanya di dalam kolom yang sesuai. Kemudian mereka melanjutkan mencari orang lain. Seorang peserta hanya boleh menuliskan namanya dalam satu kolom meskipun ia memenuhi persyaratan dalam kolom lainnya. Orang pertama yang berhasil melengkapi seluruh kolom harus meminta hadiahnya dengan meneriakkan ‘Saya pencari yang terbaik’. Anda periksa lembarannya dan berikan ia hadiah.

Poin diskusi
1.       Apakah para peserta menemukan hal-hal aneh tentang peserta lainnya?
2.       Adakah yang memiliki pertanyaan atau komentar untuk diajukan selama waktu istirahat berikutnya?

Variasi
1.       Lembaran ‘Pencarian Orang’ dapat disesuaikan dengan target peserta.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer
 _______________________________________________________________________
Pencarian Orang

Anda harus menemukan seseorang yang:

Memiliki zodiak yang sama dengan anda
Seorang supervisor (penyelia)
Telah bekerja di sini selama 1 tahun
Tahu berapa jumlah mobil yang ada di tempat parkir
Telah bekerja di sini selama lebih dari 10 tahun
Telah bekerja di sini sebelumnya
Seorang manajer
Tahu berapa jumlah kata yang ada pada uang duapuluh dollar
Memiliki nama yang sama dengan anda
Menggunakan serikat kredit
Naik kereta yang sama dengan anda
Tinggal di daerah yang sama dengan anda
Tahu berapa kali kata ‘express’ ditunjukkan pada kartu American Express
Mengendarai mobil ke tempat kerja
Memiliki kualifikasi perguruan tinggi
Tahu berapa jumlah angka 5 yang ada pada uang lima dollar
Tahu kapan perusahaan didirikan
Tahu nama tengah Si Boss


98.   Kerjasama

Garis besar

Latihan ini menekankan mengapa orang harus bekerja sama.

Tujuan
1.       Membuat pesrta melihat bahwa mereka dapat mencapai lebih banyak tujuan jika mereka bekerja sama daripada bersaing satu sama lain.

Waktu yang dibutuhkan
5 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan

Tidak ada


Prosedur
1.       Mintalah anggota kelompok berdiri dan berpasang-pasangan.
2.       Katakan kepada setiap pasangan untuk saling berhadapan dan memegang tangan kanan rekannya dengan tangan kananya sendiri. Sama seperti berjabat tangan.
3.       Sekarang beritahukan mereka agar mengucapkan keinginan sebanyak yang mereka bisa selama 60 detik, sambil tetap memegang tangan rekannya.
4.       Setelah 60 detik, katakan kepada mereka bahwa satu keinginan mereka akan terkabul setiap kali mereka berhasil memegang pinggul sebelah kanan mereka sendiri dengan menggunakan tangan kanan mereka (sambil tetap memegang tangan kanan rekannya). Sekarang mereka memiliki waktu 60 detik untuk berusaha mengabulkan keinginan sebanyak-banyaknya.
5.       Setelah waktu habis, tanyakan berapa pasang pesera yang tidak satupun keinginannya terkabul. Kemudian tanyakan ada berapa pasang peserta yang 1-5 keinginannya terkabul. Akhirnya tanyakan ada berapa pasang peserta yang seluruh keinginannya terkabul, lebih dari cukup.
6.       Kemudian Anda harus meminta satu pasangan dari setiap kategori untuk menunjukkan bagaimana mereka mencoba mengabulkan keinginan mereka. Mulai dengan yang nilainya 0 dan seterusnya hingga nilai tertinggi. Dengan menunjukkan cara ini, seluruh peserta akan dapat melihat bahwa pasangan yang bekerja sama memperoleh lebih banyak keinginan yang terkabul daripada mereka yang tidak bekerja sama

Poin diskusi
1.       Mengapa ada beberapa pasangan yang tidak satu pun keinginannya terkabul?
2.       Apakah kita semua pada dasarnya bersifat kompetitif? Mengapa?
3.       Dapatkah kita mengubah kebiasaan ini?
4.       Bagaimana kita dapat bekerja sama?

Variasi
1.       Mintalah seluruh peserta menutup mata mereka atau menggunakan penutup mata.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


99.   Pesawat Kertas

Garis besar

Melalui kegiatan ini peserta dapat membandingkan kompleksitas (kerumitan) organisasi dan tugas.


Tujuan
1.       Membuat peserta melihat kemampuan organisasi dan produksi mereka dalam suatu latihan yang tidak menakutkan.

Waktu yang dibutuhkan
60-90 menit.

Jumlah peserta
12-32 peserta, dibagi menjadi 2-4 tim yang terdiri dari 5-7 peserta dengan paling sedikit 1 pengamat untuk setiap tim.

Materi yang dibutuhkan
Stopwatch dan kurang lebih 100 lembar kertas untuk setiap tim. Gunakan kertas A4 yang digunting menjadi dua bagian.

Prosedur
1.       Katakan kepada para peserta bahwa mereka akan dibagi menjadi beberapa tim dan akan terlibat dalam latihan yang sifatnya kompetitif. Bentuklah tim yang terdiri dari 5-7 orang. Anda perlu paling sedikit 1 pengamat untuk setiap tim. Beritahukan mereka bahwa latihan ini akan melibatkan setiap tim dalam pembuatan sebuah prototype pesawat kertas untuk evaluasi melawan pesawat tim lain, pemilihan model yang paling sesuai untuk konstruksi, produksi massal model terpilih termasuk proyeksi anggaran dan perbandingan akhir antar tim untuk melihat tim mana yang menghasilkan keuntungan terbesar.
2.       Berikan 10 lembar kertas untuk masing-masing tim. Mintalah mereka mengkonstruksi sebuah pesawat kertas yang akan diterbangkan melintasi ruangan dan harus terlihat menyenangkan dari segi keindahan. Setelah seluruh anggota tim setuju dengan model akhir, mereka harus membuat model identik secukupnya untuk dibagikan kepada setiap tim.
3.       Setelah semua tim telah selesai membuat prototype mereka, masing-masing tim memperoleh 1 set prototype pesawat. Seluruh peserta kini memilih pesawat mana yang merupakan rancangan terbaik, berdasarkan kepraktisan pembuatan dan penampilan akhirnya.
4.       Setelah satu rancangan akhir telah terpilih, kumpulkan kembali seluruh materi (kertas) tim. Sekarang mereka diberikan waktu 10 menit untuk memprediksikan berapa banyak pesawat kertas yang dapat mereka buat dalam waktu 10 menit dan berapa jumlah euntungan yang mereka hasilkan. Mereka akan dikenakan biaya untuk materi dan waktu yang digunakan. Pesawat tersebut harus memiliki kualitas yang sama dengan prototype-nya dan hasil akhirnya akan dinilai oleh customer. Pesawat tersebut harus lulus penilaian baru bisa dihitung. Biayanya tercantum di bawah ini.
5.       Berikan waktu 10 menit kepada tim untuk membuat rencana. Selama waktu ini Anda mem-briefing para pengamat. Mereka harus mencatat apapun yang Anda minta (bisa interaksi, peranan, kegagalan tugas, dan konflik). Mereka juga sebagai pengamat waktu dan setelah tahap konstruksi mereka akan menjadi costumer. Sebagai costumer, mereka akan menentukan apakah suatu pesawat dapat diterima atau ditolak.
6.       Berikan waktu 10 menit kepada tim untuk membuat pesawat kertas mereka. Kemudian customer masing-masing tim mengevaluasi pesawat tersebut. Pada akhir tahap ini setiap tim menghitung keuntungan atau kerugian mereka.
7.       Seluruh hasil dibandingkan, dan tim pemenang diumumkan. Feedback diperoleh dari para anggota tim dan para pengamat di masing-masing tim.
8.       Sekarang Anda dapat memimpin sebuah diskusi tentang topik tersebut.

Poin diskusi
1.       Apakah hasil akhir berbeda dengan prediksi? Mengapa?
2.       Apakah ada konflik di dalam tim?
3.       Adakah orang tertentu yang mengambil atau menerima peranan dalam tim?
4.       Apakah kualitas menjadi suatu pertimbangan?
5.       Apakah setiap orang berpartisipasi dalam diskusi dan proses pengambilan keputusan?

Variasi
1.       Satu set pensil warna dapat diberikan kepada masing-masing tim di awal latihan bersamaan dengan 10 lembar pertama kertas A4.
2.       Langkah tambahan dapat dimasukkan. Tim diberikan lembaran kertas yang lebih besar dan gunting. Mereka kemudian diminta untuk menggunting kertas tersebut ke dalam bentuk dan ukuran tertentu sebagai bagian dari proses produksi.

Biaya
1 dollar untuk setiap lembar kertas
10 dollar untuk setiap menit yang terpakai selama konstruksi

Pemasukan potensial
5 dollar per pesawat (harus diluluskan oleh customer).
 _______________________________________________________________________

Catatan trainer



100.   Agenda

Garis besar
Latihan ini memberikan kesempatan kepada peserta menyusun agenda mereka untuk sesi membangun kerja sama tim.

Tujuan
1.       Memberikan kesempatan kepada anggota kelompok untuk saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik.
2.       Memberikan kesempatan kepada anggota kelompok untuk memilih isi agenda yang akan didiskusikan.
3.       Memberikan kesempatan kepada anggota kelompok untuk mengurutkan isi agenda yang akan didiskusikan.
4.       Mendorong rasa memiliki isi agenda dan komitmen terhadap isi tersebut.

Waktu yang dibutuhkan
40-60 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi seluruh peserta hendaknya berasal dari kelompok kerja yang sama.

Materi yang dibutuhkan
Sebuah pulpen dan selembar kertas untuk masing-masing peserta, sebuah flipchart serta spidol.

Prosedur
1.       Mintalah para peserta berpasang-pasangan dengan seseorang yang belum mereka ajak bicara baru-baru ini, jika memungkinkan.
2.       Beritahukan bahwa mereka punya waktu 5 menit untuk mewawancarai satu sama lain tentang pekerjaan mereka dan hal yang mereka ingin lihat dimasukkan ke dalam agenda untuk didiskusikan.
3.       Setelah wawancara selesai, para peserta duduk kembali dan saling berhadapan. Sekarang mintalah seluruh pasangan mengulangi isi agenda yang disarankan rekannya secara bergantian. Peserta yang sarannya sedang disampaikan oleh rekannya boleh mengklarifikasi atau menambahkan poin apapun yang mereka inginkan. Setiap kali isi agenda diutarakan, Anda menuliskannya pada kertas flipchart.
4.       Setelah semua peserta selesai, berikan mereka kertas dan pulpen. Mintalah masing-masing individu untuk mengidentifikasi 3 isi agenda teratas mereka. Setelah tahap ini selesai, mintalah informasi dari mereka dan tandai ketiga isi agenda tersebut dengan tanda ( 3) di sampingnya. Tuliskan pada flipchart lain isi agenda yang memiliki tanda ( 3) terbanyak.
5.       Sekarang mintalah para peserta memberikan rangking (urutan) isi agenda yang paling banyak dipilih berdasarkan mana yang paling penting. Setelah masing-masing individu memberikan rangking, mintalah mereka membacakan rangkingnya secara bergantian dan bandingkan di flipchart.
6.       Setelah seluruh isi agenda telah diurutkan, para peserta boleh memulai diskusi tentang isi agenda tersebut dari rangking teratas. Hal in akan memastikan bahwa isi agenda yang penting telah ter cover. Isi agenda yang memiliki rangking lebih rendah dapat di-cover jika waktu mengizinkan.
Catatan: Isi agenda terbaik dapat dibahas lebih dahulu. Pastikan bahwa tidak ada satu pun peserta yang merasa bahwa isi agenda mereka yang tidak ter-cover lebih penting daripada isi agenda yang ter-cover. Juga pastikan bahwa semua peserta terlibat dalam diskusi dan yang digunakan adalah tekhnik meeting yang benar.

Poin diskusi
1.       Apakah ini merupakan cara praktis untuk memastikan bahwa yang didiskusikan adalah isi agenda yang penting?
2.       Adakah isi agenda yang belum ter-cover padahal seharusnya sudah?

Variasi
1.       Salah satu pesrta dapat di-broefing untuk memimpin latihan atau hanya memimpin diskusi.
 _______________________________________________________________________
Catatan trainer


Contoh Lembar Pengamat

Lampiran ‘Lembar Pengamat’ digunakan sebagai contoh. Dilampirkan sebagai referensi bagi Anda untuk mendesain ‘Lembar Pengamat’ Anda sendiri. Sangatlah penting setiap kali Anda menggunakan para pengamat, mereka tahu benar apa yang harus mereka amati.
Dengan menggunakan lembar pengamatan yang didesain secara tepat berarti Anda memastikan adanya konsistensi. Anda juga memastikan bahwa seluruh poin yang ingin Anda munculkan akan ter-cover di dalam tahap akhir diskusi.



Lembar Pengamat No. 1

Merupakan tugas Anda untuk merekam apa yang terjadi berdasarkan urutan kronologis. Tulislah waktu kejadian di kolom sebelah kiri, pengamatan di kolom tengah, dan siapa yang terlibat di dalamnya pada kolom ketiga.
Jangan ambil bagian dalam latihan atau memberikan komentar atau memberi saran. Informasi yang Anda berikan setelah latihan akan membantu seluruh peserta untuk mempelajari poin yang berhubungan langsung dengan cara poin tersebut dijalankan.

Waktu
Pengamatan
Nama












































Lembar Pengamat No. 2

Merupakan tugas Anda untuk mencatat poinyang sesuai dengan daftar berikut.
Jangan ambil bagian dalam latihan atau memberikan komentar atau memberi saran. Informasi yang Anda berikan setelah latihan akan membantu seluruh peserta untuk mempelajari poin yang berhubungan langsung dengan cara poin tersebut dijalankan.

Apakah latihan tersebut direncanakan?

Bagaimana latihan itu direncanakan?

Apakah para peserta terorganisir?

Apakah tujuan telah ditetapkan?

Apakah seluruh sumber daya yang tersedia dimanfaatkan?

Apakah waktunya terkendali?

Bagaimana para peserta dibina?

Peran apa yang dijalankan oleh peserta?

Seberapa efektifkah komunikasi yang berlangsung?

Hal apa lagi yang berharga untuk dicatat?


Lembar Pengamat No. 3

Merupakan tugas Anda untuk mencatat poin yang sesuai dengan daftar berikut.
Jangan ambil bagian dalam latihan atau memberikan komentar atau memberi saran. Informasi yang Anda berikan setelah latihan akan membantu seluruh peserta untuk mempelajari poin yang berhubungan langsung dengan cara poin tersebut dijalankan.

Bagaimana latihan dianalisa?

Apakah para peserta terorganisir?

Apakah tujuan telah ditetapkan?

Apakah segala sesuatunya didelegasikan secara tepat?

Apakah seluruh sumber daya yang tersedia dimanfaatkan?

Bagaimana para peserta dibina?

Apakah masalah terpecahkan?

Sebarapa efektifkah komunikasi yang berlangsung?

Bagaimanakah alternatif didiskusikan dan evaluasi?

Hal apa lagi yang berharga untuk dicatat   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar