Halaman

Senin, 19 Maret 2012

visi misi smanda-opini

Kata orang, masa SMA itu masa yang indah..yup..itu juga yang saya rasakan..hahaha.. Okay..memang pada awal nya..saya mengeluh dan ga suka di SMA N 2 Cirebon..tp setelah dijalani..ternyata asik juga. Tapi pada kesempatan ini, saya akan mencoba mengulas tentang visi misi Smanda Cirebon..tapi ini hanya opini saya loh..hahaha..

Saat kepala sekolah nya Drs. Ferry Supeno maka visi misi smanda Cirebon itu mudah diingat..tp bermakna sangat dalam.. Yaitu:
1. Unggul dalam prestasi.
2. Tinggi dalam budi pekerti.
3. Takwa terhadap Tuhan Y.M.E.
Gampang diingat kan? Hehe..
Awalnya saya protes pada diri pribadi saya, kenapa kok Takwa terhadap Tuhan Y.M.E ditempatkan di akhir?
Setelah saya merenungi nya..ternyata.. Smanda Cirebon menghendaki siswa-siswa nya husnul khotimah..hehe..

Okay.. Kita bahas..

Pertama.. Unggul dalam prestasi.. Jelas.. Siswa smanda harus unggul dlm prestasi, baik akademik..maupun non akademik. Visi ini diurutan pertama.. Kalo saya boleh beropini.. Manusia itu berawal dari dasar..begitu juga dengan pendidikan. Maka unggul dalam prestasi ini harus sudah terbentuk sejak dini, sejak kita masih berada di sekolah dasar. Kalau prestasi kita sudah bagus..maka akan mudah mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Visi yang ke dua adalah, Tinggi dalam Budi Pekerti.. Bahasa agama nya adalah berakhlakul karimah, bahasa sosialnya adalah 'gaul' sesuai norma dan aturan. Yup.. Siswa smanda harus memiliki budi pekerti atau akhlak yang mulia. Kalau tadi visi pertama harus sudah ada sejak SD, maka visi ke dua ini harus sudah terbentuk saat kita sudah menginjak masa dewasa awal. Saat itu..mungkin kita sudah berumah tangga..nah.. Kita pun harus bermasyarakat.. Masyarakat yang baik adalah yang menjunjung tinggi norma dan 'gaul' dengan anggota masyarakat yang lain nya dengan baik dan sopan.

Adapun visi yang ke tiga atau yang terakhir adalah Takwa terhadap Tuhan Y.M.E.. Smanda tidak mengatakan Takwa terhadap Alloh SWT atau Takwa terhadap Yesus Kristus atau Takwa terhadap Sang Hyang Widi Wasa.. tapi smanda mengatakan nya Takwa terhadap Tuhan Y.M.E, mengapa? Yup.. Karena negeri ini adalah negara yang berbhineka tunggal ika. Okay.. Langsung to the point..bahwa siswa smanda hendaknya bertakwa pada Tuhan, takwa dalam arti yang sangat luas, tidak melulu pada ritual penyembahan Tuhan Yang Maha Kuasa, tapi juga adanya keterikatan dan tolong menolong antar sesama makhluk Tuhan. Di visi ke tiga ini, smanda mengajarkan bahwa.. Sehebat-hebat nya prestasi, sebagus-bagus nya budi..tapi tak bernilai jika iman kita rapuh. Takwa terhadap Tuhan Y.M.E juga di tempatkan di akhir dari urutan visi yang ada.. Bukan karena smanda mengakhirkan Tuhan, tapi mengingatkan kita bahwa visi ke-1 dan ke-2 akan berjalan sangat indah jika visi ke-3 ini dijalankan dengan mantap. Menambahkan pesan dari ibu, bahwa.. Bekerjalah bersama Tuhan, pasti hasil nya akan sangat memuaskan. Maka visi ke-3 adalah visi yang sangat ampuh untuk dijalankan bersamaan dengan visi ke-1 dan ke-2.

Demikian opini saya tentang visi misi smanda cirebon..this is pure my opinions.. I don't know about the reason, why does smanda have those visions.. Cuz i didn't ask about that to the head master at that time.. :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar